Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Strategi Fiskal Hingga Harta Kekayaan Perry Warjiyo

Pemerintah meluncurkan Kerangka Anggaran Jangka Menengah (KAJM). Sementara itu, Perry Warjiyo dicalonkan Presiden Jokowi untuk kembali memimpin bank sentral.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 24 Februari 2023  |  07:15 WIB
Top 5 News Bisnisindonesia.id: Strategi Fiskal Hingga Harta Kekayaan Perry Warjiyo
Presiden Joko Widodo memberikan paparan dalam acara Mandiri Investment Forum (MIF) 2023 di Jakarta, Rabu (1/2/2023). JIBI/Bisnis - Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah meluncurkan Kerangka Anggaran Jangka Menengah (KAJM) yang melegitimasi kebijakan anggaran yang selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Sementara itu, Perry Warjiyo  dicalonkan Presiden Jokowi  untuk kembali memimpin Bank Indonesia (BI) .

Berita tentang modifikasi kebijakan fiskal yang diluncurkan pemerintah dan dicalonkannya kembali Perry Warjiyo untuk memimpin  Bank Indonesia pada periode kedua bersama berita lainnya disajikan Bisnisindonesia.id setiap hari secara lebih analitis dan menadalam.

Berikut lima berita pilihan dalam Top 5 News Bisnisindonesia.id edisi Jumat (24/2/2023) yang kami sajikan untuk Anda.

1. Modifikasi Strategi Fiskal Dukung Proyek Strategis Nasional

Pemerintah baru saja mengeluarkan kebijakan terkait dengan rancangan anggaran negara untuk jangka menengah. Beleid ini dapat meningkatkan jaminan terhadap pendanaan proyek strategis nasional (PSN).

Kebijakan yang termaktub dalam PP No.6/2023 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) ini bertujuan untuk penyusunan anggaran yang tepat sasaran dan memenuhi prinsip belanja yang berkualitas.  

Rancangan anggaran jangka menengah yang disebut dengan Kerangka Anggaran Jangka Menengah (KAJM) ini melegitimasi kebijakan anggaran yang selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Kebijakan ini lantas memberikan jaminan terhadap proyek strategis nasional (PSN). Hal itu tidak terkecuali untuk proyek Ibu Kota Negara (IKN). Dengan demikian, pelaku usaha memiliki kepastian hukum dan politik apabila berniat menanamkan modal pada proyek tersebut.

2. Persaingan Kian Ketat di Tengah Pemulihan, Mal Perang Inovasi

Sektor ritel pusat perbelanjaan atau ritel diproyeksikan akan terus mengalami pemulihan di sepanjang tahun 2023. Banyaknya pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pengelolanya untuk menarik kunjungan masyarakat maupun tenant penghuni mal. 

Saat ini, di kota besar seperti Jakarta, hanya mal menengah ke atas yang ramai dikunjungi, sedangkan beberapa mal menengah ke bawah terpantau sepi seperti Plaza Semanggi, Blok M Plaza, ITC, Glodok Plaza dan lain sebagainya. 

Di sisi lain, muncul fenomena ramainya mal menengah ke atas di luar Jakarta. Mal-mal yang berada di Bodetabek ini sangat ramai bermunculan seiring masifnya pembangunan perumahan dan kota mandiri baru. 

Sektor pusat perbelanjaan atau mal terus mengalami pemulihan. Pusat perbelanjaan atau mal yang ramai dikunjungi merupakan mal menengah ke atas dan premium, sedangkan mal menengah ke bawah sangat sepi pengunjung. Saat ini juga menjamur pusat perbelanjaan di sekitar Jakarta yang berada dekat dengan perumahan. Hal inilah yang menjadi alternatif masyarakat yang tinggal di luar Jakarta atau Bodetabek. 

3. Wait and See Investor & Tantangan Kripto di Indonesia

Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa

Transaksi kripto di Indonesia mengalami penurunan sebagai dampak dari sederet faktor kejatuhan aset kripto secara global, dari Terra-Luna dan FTX.  Kejadian tersebut membuat Indonesia juga cukup berhati-hati seiring dengan rencana pembentukan bursa kripto.

Ambrolnya bursa kripto global membuat investor menarik diri dari investasi kripto, sehingga bisa dibilang kepercayaan publik mulai memudar. Situasi tersebut menjadi salah satu tantangan investasi kripto, termasuk di Indonesia.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat penurunan transaksi kripto pada Januari 2023 sebesar Rp12 triliun. Jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan dengan rata-rata transaksi bulanan pada 2022 yang mencapai Rp25 triliun.

Sementara itu, nilai transaksi kripto sepanjang 2022 tercatat sebesar Rp306,4 triliun. Angkanya menurun 64,3 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp858,76 triliun.

Untuk mencegah kejatuhan pasar kripto seperti di Amerika, Bappebti telah memiliki regulasi untuk melindungi konsumen. Pemerintah bersama dengan DPR juga telah mengesahkan Undang-Undang- Undang Pengembangan Peraturan Sektor Keuangan (P2SK).


Bappebti juga tengah membentuk ekosistem untuk perdagangan aset kripto. Dalam hal ini adalah bursa lembaga kliring, hingga custodian untuk aset kripto.

4. Sengat Kuat Mobil Listrik di IIMS 2023

Sepekan pelaksanaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Rabu (22/2/2023), antusiasme kunjungan diklaim meningkat siginifikan. Salah satunya berkat setrum mobil listrik.

Kenaikan jumlah pengunjung pada pekan pertama IIMS disebutkan mencapai 24 persen dari jumlah pengunjung di tahun 2022 pada waktu yang sama.

IIMS 2023 diikuti oleh 45 pabrikan otomotif, termasuk 21 merek mobil yang memamerkan produk mereka, juga menghadirkan 171 eksibitor pendukung otomotif, sekaligus diramaikan oleh komunitas.

Morris Garage (MG) Motors memanfaatkan momentum pembukaan untuk peluncuran MG4 EV, mobil listrik global pertamanya. Sementara Esemka untuk pertama kalinya membawa Bima EV. Ada dua varian, yakni van kargo, dan penumpang.

Deretan mobil listrik baterai lainnya adalah BMW iX, dan Citroen e-C4. DFSK membawa empat modelnya mulai dari Gelora E, Glory E3, pikap EC31, dan Mini EV.

Hyundai kembali membawa Ioniq 5. Adapun Mitsubishi Motors memamerkan kendaraan niaga Minicab Miev yang akan dirakit secara lokal Indonesia mulai 2024. Ada pula Wuling Airev, Toyota BZ4X, Tesla 3, Tesla Model S, hingga Renault Zoe, dan Renault Twizy.

Di ajang IIMS 2023, Wuling Airev ditampilkan dalam dua special display unit Air ev dengan kreasi personalisasi. Bahkan, pengunjung diberi kesempatan untuk memodifikasi Airev melalui virtual reality (VR) di booth Wuling.

Lebih dari sekadar menarik pengunjung, Wuling berupaya menggaet pembeli dengan penawaran promo khusus Airev selama IIMS 2023 berupa voucher diskon senilai Rp2.000.000 untuk body kit dari NMAA.

Hal yang sama dilakukan DFSK atas Gelora E. Selain menawarkan promo aksesoris hingga 50% di ajang IIMS 2023, DFSK menampilkan Gelora E yang dimodifikasi menjadi ambulan untuk menambah daya tarik mobil van listriknya.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo yang dicalonkan kembali oleh Presiden Jokowi untuk memimpin Bank Sentral selama dua periode mencatatkan harta kekayaan sebesar Rp45,2 miliar.

Berdasarkan penelusuran Bisnis.com, Rabu (22/2/2023), Perry terakhir kali menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 11 Maret 2022 untuk periode 2021. 

Tercatat untuk periode tersebut, harta kekayaan Perry mencapai Rp45,2 miliar dengan aset pada tanah dan bangunan mencapai Rp14,91 miliar. 

Perry memiliki aset tanah dan bangunan di Kawasan Jakarta Selatan dari hasil sendiri yang nilainya sebesar Rp7,2 miliar. Pria kelahiran Sukoharjo pada 1959 tersebut juga memiliki bangunan di Jakarta Selatan dari hasil sendiri senilai Rp1,2 miliar. 

Sebelum menjabat sebagai Gubernur BI, Perry menjabat sebagai Deputi Gubernur BI pada periode 2013—2018. 

Perry juga pernah menjabat sebagai Asisten Gubernur untuk kebijakan moneter, makroprudensial dan internasional. Jabatan tersebut diemban setelah menjadi Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia. 

Lulusan Universitas Gadjah Mada tersebut pernah menduduki posisi penting selama dua tahun sebagai Direktur Eksekutif di International Monetary Fund (IMF), mewakili 13 negara anggota yang tergabung dalam South-East Asia Voting Group pada 2007—2009. 

Perry menjadi salah satu dari sedikit gubernur bank sentral yang dipercaya bertugas selama dua periode. Surat dari Presiden Jokowi tentang nama calon Gubernur BI sudah masuk ke parlemen pada Rabu (22/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Top 5 News Bisnisindonesia.id perry warjiyo IKN fiskal Jokowi mal iims
Editor : Saeno

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top