Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Hero Bertahan di Tengah Fenomena Gerai Ritel Berguguran

Hero mengungkapkan strategi untuk bisa tetap bertahan di tengah fenomena gerai ritel berguguran di Indonesia.
Hero Supermarket Taman Alfa, Jakarta Barat - BISNIS/Ni Luh Angela.
Hero Supermarket Taman Alfa, Jakarta Barat - BISNIS/Ni Luh Angela.

Bisnis.com, JAKARTA - Fenomena tutupnya sejumlah gerai ritel modern di Indonesia beberapa waktu lalu menyita perhatian publik, termasuk Hero Supermarket. Namun, Hero memiliki strateginya sendiri untuk mempertahankan gerai yang tersebar di wilayah Indonesia.

Direktur PT Hero Supermarket Tbk. Hendy menilai, buka tutup gerai menjadi hal yang lumrah dalam dunia ritel modern.

“Kadang buat saya, kalau ritel tutup dan buka itu normal,” kata Hendy saat ditemui Bisnis di Jakarta Barat, Selasa (21/2/2023).

Meski menjadi hal yang lumrah, Hendy memastikan pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk tetap mempertahankan gerainya. Salah satunya, menyesuaikan toko dengan kebutuhan masyarakat di sekitarnya.

Dia mencontohkan, barang-barang yang ada di Hero Taman Alfa, Jakarta Barat berbeda dengan yang ada di Hero Pondok Indah, Jakarta Selatan.

“[Hero] Taman Alfa kalau dibandingkan sama Hero Pondok Indah, itu rasanya beda. Hero di Pondok Indah atau Kemang, begitu masuk itu barangnya impor di mana-mana, lampunya kuning-kuning. Hero Taman Alfa adalah Hero untuk masyarakat kelas menengah. Jadi pada saat masuk Hero Taman Alfa yang kita lihat adalah buah-buah yang Rp5.000, Rp7.000, bukan pir impor yang masuk ke Pondok Indah,” ujarnya.

Kendati ada perbedaan dari segi tipe barang hingga level harga yang dijual, Hendy menegaskan semua gerainya tetap sesuai dengan standar Hero Supermarket. Standar yang dimaksud antara lain keamanan pangan, kebersihan, hingga standar pelayanan.

Dengan membuat toko yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat serta dibarengi dengan pelayanan yang prima, Hendy cukup optimistis gerai-gerai seperti itu tak akan ditinggalkan oleh konsumen.

“Jadi tidak murahan. Buat kita, kalau kita bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan pas, tapi dibarengi dengan pelayanan prima, itu seharusnya nggak akan ada yang ditinggalkan,” jelasnya.

Sebagai informasi, Hero Supermarket menjadi salah satu perusahaan ritel modern yang mengalami pertumbuhan gerai. Menurut data Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang diperoleh Bisnis, gerai ritel modern PT Hero Supermarket Tbk. mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. 

Pada 2022, Hero memiliki 23 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia dibandingkan 2021 yang tercatat sebanyak 19 gerai. Adapun saat ini, kata Hendy, Hero memiliki 22 gerai, di mana sebanyak 13 gerai di antaranya tersebar di Jabodetabek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper