Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Ramadan, Kementan Klaim Stok Bawang Merah dan Cabai Aman

Kementan menyebut hasil panen bawang merah cukup stabil meskipun curah hujan tinggi.
Petani menjemur bawang merah di desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (26/9/2019). Bisnis/Arief Hermawan P
Petani menjemur bawang merah di desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (26/9/2019). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menyebut stok bawang merah dan cabai menjelang ramadan dan lebaran di tahun ini cukup aman.

"Alhamdulillah setelah saya melihat di lokasi, ada panen luar biasa di Temanggung-Wonosobo," kata Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementan, Andi Muhammad Idil Fitri, usai panen dan meninjau gudang pascapanen milik Koperasi Produsen Tawon Sindoro Sumbing di Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (10/2/2023).

Dia menuturkan panen bawang merah, bawang putih dan cabai, cukup untuk mensuplai kebutuhan di Jabodetabek bahkan sampai ke Sumatra.

"Hal ini untuk stabilisasi harga dan ketersediaan bawang merah, bawang putih dan cabai sehingga menjelang bulan puasa dan Lebaran 2023 insyaallah persediaan aman," katanya.

Dia menyampaikan selain Temanggung dan Wonosobo, juga ada di beberapa sentra yang lain, khusus untuk cabai ada di 11 lokasi, kemudian bawang merah ada di 17 lokasi termasuk Temanggung dan Wonosobo.

Andi menyampaikan di beberapa tempat memang ada fluktuasi harga, tetapi sekarang cenderung menurun. Dia menyebut harga bawang merah saat ini sudah menurun.

"Harapannya akan menurun terus sehingga terjangkau daya beli masyarakat," ujarnya.

Ketua Kelompok Tani Agrapana Jaya Bansari Kabupaten Temanggung, Siswanto, mengatakan hasil panen bawang merah cukup stabil meskipun curah hujan tinggi, yakni di angka 12 hingga 13 ton per hektare.

Dia menyebutkan harga bawang merah dalam satu pekan terakhir cenderung turun. Di tingkat petani, harga bawang merah basah saat ini berkisar Rp14.000-Rp15.000 per kilogram yang sebelumnya sampai Rp22.000 per kilogram.

Menurut Siswanto, turunnya harga bawang merah karena telah memasuki masa panen, khususnya di sentra "food estate" (FE) Temanggung.

"Sampai bulan Maret 2023 kami akan panen lebih banyak," jelasnya.

Siswanto menuturkan rencana panen dari mitra Koperasi Produsen Tawon Sindoro Sumbing sekitar 47 hektare. Kemudian dari petani yang tanam secara mandiri lebih banyak ada sekitar 200 sampai 300 hektare di Kabupaten Temanggung.

Kemudian untuk harga cabai juga stabil, harga di tingkat petani untuk cabai keriting Rp29.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp39.000 per kilogram. Menurutnya produksi cabai cukup banyak, di Bansari saja ada sekitar 100 hektare lebih tanaman cabai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper