Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Titah Xi Jinping ke Warga China: Jangan Takut Belanja!

Presiden China Xi Jinping mengumumkan titah baru bagi warga China agar tidak takut belanja serta meningkatkan konsumsi.
Presiden China Xi Jinping/Bloomberg
Presiden China Xi Jinping/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden China Xi Jinping mengeluarkan titah atau seruan agar masyarakat China tidak takut belanja dan meningkatkan konsumsi guna mendorong roda perekonomian. Pemerintah China berharap bisa pulih dari dampak kebijakan Zero Covid.

Xi Jinping mengatakan pemerintah akan fokus untuk meningkatkan permintaan konsumen yang didukung oleh pendapatan. Hal itu merupakan kisi-kisi dari pertemuan Politbiro, badan pembuat keputusan utama Partai Komunis, yang terjadi pada Selasa (31/1/2023).

"Sarana jangka panjang untuk memperluas konsumsi harus ditetapkan dan diperbaiki dan ini akan memungkinkan masyarakat China untuk belanja berdasarkan pendapatan yang stabil, berani belanja tanpa rasa khawatir, dan memiliki lingkungan konsumsi yang baik dengan rasa keuntungan yang kuat, serya kemauan yang kuat untuk mengkonsumsi,” menurut laporan media pemerintah China dikutip dari Bloomberg, Kamis (2/2/2023).

Selain mendorong konsumsi, China juga harus bekerja untuk meningkatkan dan memperluas investasi untuk memajukan pengembangan konstruksi infrastruktur baru dan memperluas investasi di industri teknologi tinggi dan industri baru yang strategis.

Presiden Xi Jinping juga mendesak percepatan pencapaian kemandirian dalam sains dan teknologi.

"China harus berusaha untuk menjadi pusat sains dan inovasi utama dunia secepat mungkin," tegas Xi Jinping.

Xi Jinping menegaskan kembali komitmen China untuk mereformasi dan membuka diri kepada dunia.

Dia juga bersumpah untuk memperkuat upaya yang ditujukan untuk mengendalikan monopoli dan persaingan tidak sehat.

"China akan mengatur dan memandu perkembangan modal yang sehat sesuai dengan hukum dan menciptakan lingkungan yang baik bagi berbagai entitas untuk berinvestasi dan memulai bisnis," ujarnya.

Presiden Xi juga menyoroti strategi untuk meningkatkan “sirkulasi domestik” ekonomi, merujuk pada tujuan negara untuk memprioritaskan pertumbuhan yang didorong oleh konsumsi domestik.

Pemerintah China akan fokus untuk menghilangkan hambatan regional dan menciptakan pasar domestik yang bersatu sebagai cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper