Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angka Kematian Bayi di Indonesia Turun, Ini Penyebabnya

Pemerintah menargetkan angka kematian bayi (AKB) mencapai 16 per 1.000 kelahiran bayi hidup.
Ilustrasi bayi baru lahir. /Freepik
Ilustrasi bayi baru lahir. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pusat Statistik atau BPS melaporkan angka kematian bayi (AKB) atau infant mortality rate (IMR) Indonesia berada di level 16,85 poin, berdasarkan Long Form Sensus Penduduk 2020 (SP2020).

Artinya rata-rata kematian bayi berumur kurang dari 1 tahun mencapai 16,85 per 1.000 kelahiran bayi hidup

Deputi bidang Statistik Sosial BPS Ateng Hartono menyebutkan meski demikian, angka tersebut turun signifikan dalam satu dekade terakhir atau dari hasil Sensus Penduduk 2010, yang kala itu mencapai 26 poin. 

“Angka kematian bayi merupakan tolok ukur derajat kesehatan di satu wilayah secara nasional. AKB terus menunjukkan penurunan cukup tajam, hampir 10 poin dalam 1 dekade terakhir,” ujarnya dalam Rilis Hasil Long Form SP2020 di Gedung Danareksa, Jakarta, Senin (30/1/2023). 

Mengutip dari publikasi BPS, AKB merupakan banyaknya kematian bayi usia di bawah satu tahun per 1.000 kelahiran hidup pada periode tertentu. 

Membaiknya angka tersebut, seiring peningkatan persentase bayi yang mendapat imunisasi lengkap serta peningkatan rata-rata lama pemberian ASI, berdasarkan Susenas Tahun 2019–2022.

Berdasarkan hasil Long Form SP2020, AKB tertinggi berada di Papua yaitu sebesar 38,17 kematian per 1.000 kelahiran hidup, sedangkan AKB terendah berada di DKI Jakarta sebesar 10,38 kematian per 1.000 kelahiran hidup.

“Pemerintah berkomitmen mewujudkan Indonesia emas melalui 1.000 hari pertama kehidupan dan menjadi pondasi bagi tumbuh kembang anak ke depannya,” jelasnya. 

Meski sudah menurun, angka tersebut belum mencapai target pemerintah melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, di mana AKB paling tidak harus mencapai 16 poin. 

Ateng menyebutkan, menjadi tanggung jawab bersama untuk menurunkan AKB menjadi 16 poin pada 2024. 

Sementara itu, neonatal mortality rate atau angka kematian neonatal berada di posisi 9,30 poin. Artinya, di antara 1.000 kelahiran hidup di Indonesia, terdapat 9–10 bayi yang meninggal sebelum umur 1 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper