Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Fakta Gautam Adani, Crazy Rich India yang Terjerat Manipulasi Saham

Berikut 5 fakta tentang Gautam Andani. Pengusaha atau crazy rich asal India yang terjerat manipulasi saham dan penipuan laporan akutansi.
Gautam Adani, crazy rich energi asal India, yang memiliki Adani Group/ Bloomberg
Gautam Adani, crazy rich energi asal India, yang memiliki Adani Group/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Gautam Andani, taipan atau crazy rich asal India, menjadi sorotan lantaran mencuatnya tuduhan manipulasi saham dan penipuan akutansi yang dilakukan oleh Adani Group.

Laporan terkait tuduhan manipulasi saham dan penipuan akuntansi oleh Adani Group diungkapkan oleh investor Hindenburg Research yang berbasis di New York beberapa waktu lalu.

Penelusuran Hindenburg Reseach terkait kecurangan yang dilakukan Adani Group menambah tekanan pada konglomerat India dan pendirinya yang berusia 60 tahun, yaikni Gautam Andani.

Padahal, Gautam Adani menjadi orang terkaya di Asia tahun lalu dan berada di urutan kedua setelah Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia.

Tidak seperti Elon Musk, Gautam Adani relatif tidak dikenal di luar negara asalnya. Lantas, siapa sebenarnya Gautam Andani?

Berikut 5 Fakta tentang Gautam Andani, Taipan India yang Terlilit Skandal

1. Siapa Gautam Adani? Berapa kekayaan bersihnya?

Gautam Adani lahir dari keluarga pedagang tekstil kecil pada 1962 di negara industri barat Gujarat. Dia keluar dari universitas dan memulai karirnya menyortir berlian untuk sebuah perusahaan di pusat keuangan Mumbai.

Dia kemudian mengimpor bahan yang digunakan dalam barang-barang manufaktur dan pada pertengahan 1990-an dengan mengelola Pelabuhan Mundra, yang sekarang dia miliki.

Meski kekayaan bersihnya anjlok pada hari-hari setelah laporan Hindenburg diterbitkan pada 24 Januari 2023, dia masih berada di 10 besar di Bloomberg Billionaires Index pada akhir Januari 2023 dengan total .

2. Bagaimana Adani menghasilkan uang?

Adani Group saat ini terdiri dari setengah lusin perusahaan besar dengan berbagai sektor, mulai dari energi hingga transportasi dan pembangunan infrastruktur.

Adani Group merupakan operator pelabuhan terbesar di India dan mengelola beberapa bandara terbesar di negara itu.

Adani Enterprises, perusahaan dagang grup yang terdaftar, melaporkan penjualan sebesar US$9,3 miliar pada tahun tersebut hingga 31 Maret 2022.

3. Apa saja perusahaan Adani Group?

  • Adani Green Energy Ltd. (pembangkit listrik terbarukan)
  • Adani Enterprises Ltd. (penambangan dan perdagangan batubara)
  • Adani Transmission Ltd. (Transmisi daya)
  • Adani Total Gas Ltd. (Distribusi Gas)
  • Adani Power Ltd. (pembangkit listrik berbahan bakar batu bara)

Grup Adani juga menjalankan bisnis real estat, perusahaan perbankan bayangan bernama Adani Capital, dan bisnis minyak dan makanan yang dapat dimakan melalui usaha dengan Wilmar International Ltd yang berbasis di Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper