Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Lelang 30 Paket Proyek di IKN Rp23,7 Triliun Tahun Ini

Kementerian PUPR segera membuka lelang 30 paket proyek di IKN Nusantara pada 2023.
Progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur/Bisnis-Muhammad Ridwan
Progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur/Bisnis-Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal melelang sebanyak 30 paket pekerjaan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menjelaskan tender paket proyek tersebut hanya untuk pekerjaan yang menggunakan dana dari APBN 2023. Selain itu, paket tersebut sebagiannya merupakan paket pekerjaan yang mengalami gagal lelang pada 2022, sehingga dialihkan pada 2023.

"Semua nilainya ada Rp23,7 triliun, sekitar 30 paket," kata Basuki di Kompleks DPR, Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Basuki mengungkapkan, pada 2023 proyek yang dikerjakan hanya proyek-proyek yang berkontrak dengan pemerintah. Menurutnya, pada tahun ini belum ada proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) yang akan mulai dibangun.

"Itu kan baru mengajukan prakarsa, belum bisa mulai tahun ini," ujarnya.

Sebelumnya, Basuki mengatakan pada 2022, pihaknya telah memulai sebanyak 40 kegiatan konstruksi di IKN Nusantara dengan biaya Rp25,98 triliun.

Basuki menjelaskan pada pekan ke-3 Desember 2022 sebanyak 24 kontrak telah selesai ditenderkan, sedangkan pada akhir Desember 2022 sebanyak 14 kegiatan kembali ditender.

"Beberapa kontrak lainnya gagal lelang sehingga harus lelang ulang 2023 ini," jelasnya.

Adapun, pekerjaan yang telah berkontrak pada 2022 yakni Bendungan Sepaku Semoi, Intake Sepaku, DAS Sanggai 1A, Embung Mentawir Sumbu Barat, dan Jalan Tol IKN Segmen 5A Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

Selanjutnya, Jalan Tol IKN Segmen 3B KKT Kariangau-Sp. Tempadung, Jalan Tol IKN Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau Lingkar Sepaku Segmen 4, Istana dan Lapangan Upacara Kantor Presiden dan Kantor Sekretariat Presiden.

Kontrak lainnya adalah land development KIPP Tahap 1, land development KIPP Tahap 2, HPK Site 1A, 1B, 1C dan 2, Lingkar Sepaku Segmen 1, Lingkar Sepaku Segmen 2, Lingkar Sepaku Segmen 3, rumah menteri, Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap 1 (Plaza Seremoni), Sumbu Kebangsaan Timur dan Penanganan Banjir Sungai Sepaku Kecamatan Sepaku (IKN).

Kemudian, pembangunan 14 Embung KIPP, Gedung Kemenko Marves, Kemenko Polhukam, Kemenko PMK, Pembangunan Gedung dan Kawasan Kantor Kemensetneg, Pembangunan jaringan perpipaan transmisi 2 Sepaku, dan Pembangunan IPAL 1, 2, 3 KIPP IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper