Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berhasil Tingkatkan Kualitas Manajemen Risiko Perusahaan, WSBP Raih Risk Management Awards 2023

WSBP  meraih peringkat kedua untuk kategori Best Risk Management Implementation Anak Perusahaan, dengan judul Risk Management Implementation.
Karyawan WSBP sedang melakukan pemeriksaan quality control/ Istimewa
Karyawan WSBP sedang melakukan pemeriksaan quality control/ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Waskita Beton Precast Tbk. (WSBP) berhasil meraih penghargaan pada ajang Waskita Transformation Awards 2023. WSBP  meraih peringkat kedua untuk kategori Best Risk Management Implementation Anak Perusahaan, dengan judul Risk Management Implementation.

Asep Mudzakir, Director of Finance & Risk Management WSBP mengatakan sebagai perusahaan terbuka pada bidang manufaktur beton dan jasa konstruksi, penerapan manajemen risiko pada sisi GRC (Governance, Risk, & Compliance) sangat penting. 

“Apresiasi ini menjadi motivasi kami untuk terus berkomitmen dapat meningkatkan bisnis perusahaan melalui penetapan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (11/1/2023). 

Melalui manajemen risiko, kata Asep , WSBP dapat meningkatkan nilai bagi pemegang saham, sekaligus memberikan gambaran komprehensif kepada pemangku kepentingan maupun pengelola perusahaan mengenai peluang dan risiko yang dihadapi.

Dia menjelaskan sejak 2016, WSBP telah menerapkan Enterprise Risk Management (ERM) yang meliputi pilar Tata Kelola & Budaya Risiko, Strategi Manajemen Risiko, Pedoman & Prosedur Manajemen Risiko, Infrastruktur Manajemen Risiko, Proses Manajemen Risiko, dan Komunikasi & Pemantauan Proses Manajemen Risiko. 

“Pada masing-masing implementasi ini, ada tahap developing, managed, dan established. Kami memiliki target pada implementasi ERM ini hingga 2026 mendatang, di mana pada tahun 2026 target rata-rata atas Pilar ERM perusahaan sebesar 4,17,” paparnya. 

Asep melanjutkan penempatan target itu didukung dengan penerapan manajemen risiko di lingkungan WSBP mulai dari pencapaian tingkat Risk Maturity WSBP periode tahun 2021 sebesar 3,20 atau meningkat dari 2020 yang sebesar 3,02.

Pemutakhiran pedoman dan prosedur manajemen risiko secara berkala, katanya, telah sesuai dengan tuntutan dari stakeholder serta perubahan lingkungan perusahaan baik secara internal maupun eksternal, hingga proses Risk Control Self Assessment (RCSA) sudah dilakukan melalui platform aplikasi Waskita Risk Management (WaRM) dengan berbasis katalog risiko.

WSBP juga melakukan control assessment dalam setiap periode pelaksanaan RCSA dalam aplikasi WaRM sebagai dukungan untuk mempercepat implementasi penerapan Risk Based Audit (RBA) di perusahaan.

Penguatan integrasi tata kelola dan manajemen risiko ini dilakukan pada proses pengambilan keputusan proyek manufaktur dan konstruksi melalui penerapan proses pre-screening, project risk scoring dan total risk exposure, dan peningkatan prinsip kehatian-hatian melalui penerapan four eyes principle dalam pelaksanaan Komite Manajemen Risiko Kegiatan Manufaktur dan Konstruksi.

Adanya penerapan high level guidance pada kegiatan manufaktur, konstruksi dan investasi, menerapkan prinsip four eyes principles dan kriteria kelayakan minimal, juga menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam mengimplementasikan GRC dalam internal perusahaan, yang memiliki dampak yang signifikan pada kepercayaan terhadap perusahaan.

“Ke depan WSBP akan melakukan peningkatan pada sisi penguatan kapabilitas organisasi, kompetensi dan keahlian manajemen risiko, penetapan Key Risk Indicator [KRI], pengembangan platform WaRM, meningkatkan konsistensi tingkat risk awareness, dan strategi besar lainnya,” tambahnya.  

Sebagai informasi pada tahun 2022 WSBP juga meraih 2 penghargaan Top GRC Awards 2022 #4 Stars dan The Most Committed GRC Leader 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper