Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

ILO : Jam Kerja Sektor Agrikultur di Bawah 20 Jam per Pekan

Sebanyak 22,6 persen pekerja di subsektor agrikultur bekerja kurang dari 20 jam/sepekan.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 11 Januari 2023  |  19:16 WIB
ILO : Jam Kerja Sektor Agrikultur di Bawah 20 Jam per Pekan
Para pekerja sedang memanen kopi di sebuah pertanian di Guaxupe, negara bagian Minas Gerais, Brasi. ILO mencatat jam kerja di sektor agrikultur dalam sepekan termasuk yang terendah. Bloomberg - Patricia Monteiro

Bisnis.com, JAKARTA — Pekerja-pekerja di perusahaan agrikultur memiliki jam kerja paling pendek dibandingkan dengan dengan unit usaha subsektor lainnya dalam tatanan ketenagakerjaan global. 

Menurut laporan International Labour Organization (ILO) berjudul berjudul Working Time And Work-life Balance Around The World yang dirilis pada  6 Januari 2023, sebanyak 22,6 persen pekerja di subsektor itu bekerja kurang dari 20 jam/sepekan.

"Kategori pekerjaan dasar dan pekerja pertanian terampil mengandung proporsi tertinggi pekerja dengan jam kerja pendek dan sangat pendek," tulis ILO dalam laporannya yang dikutip Bisnis pada Rabu (11/1/2023). 

Untuk jam kerja di bawah 35 jam dalam sepekan, jumlah pekerja perusahaan-perusahaan di subsektor agrikultur mencapai 47,8 persen dari total pekerja global. 

Di peringkat berikutnya, ada pekerja di perusahaan-perusahaan transportasi logistik makanan dan minuman (mamin) dengan jam kerja kurang dari 20 jam dalam sepekan sebanyak 9,3 persen. 

Sementara itu, jumlah pekerja di subsektor transportasi logistik mamin untuk kategori jam kerja di bawah 35 jam/sepekan sebanyak 24 persen dari total tenaga kerja global. 

Kemudian, sebanyak 6,8 persen pekerja di subsektor pendidikan bekerja kurang dari 20 jam dalam sepekan. Adapun, pekerja subsektor pendidikan dengan jam kerja kurang dari 35 jam dalam sepekan sebanyak 24,6 persen dari total. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekerja agribisnis agrikultur
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top