Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengumuman! Harga BBM Pertamina Turun Mulai Jam 2 Siang Ini

PT Pertamina (Persero) akan melakukan penyesuaian harga untuk BBM nonsubsidi, Selasa, (3/1/2023) mulai pukul 14.00 WIB. Berikut perubahan harga BBM Pertamina:
SPBU Pertamina. /Istimewa
SPBU Pertamina. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk menurunkan harga jual bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi miliknya seiring dengan pelemahan harga minyak mentah dunia saat ini.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, penyesuaian harga itu bakal dilakukan mulai hari ini, Selasa (3/1/2023) pukul 14.00 WIB. 

“Mulai jam 2 siang harga Pertamax akan turun dari Rp13.900 ke Rp12.800. Demikian juga untuk produk-produk seperti Pertamax Turbo, Dexlite ini akan turun seperti dengan formula yang ditetapkan Kementerian ESDM,” kata Nicke saat konferensi pers di SPBU Pertamina M.T Haryono, Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Kendati demikian, Nicke menegaskan, penyesuaian harga tidak bakal dilakukan untuk BBM subsidi, seperti Pertalite dan Solar yang masih ditanggung pemerintah saat ini. Harga Pertalite masih dibanderol Rp10.000 per liter. 

Nicke beralasan harga keekonomian dari dua jenis BBM subsidi itu relatif masih lebar yang belakangan ikut mengerek biaya subsidi pada APBN selama satu tahun terakhir.

“Solar dan Pertalite itu harganya tetap itu karena subsidi yang disalurkan pemerintah itu besar sekali, padahal kompetitor menjual lebih dari dua kali lipatnya,” kata dia.

Berikut daftar perubahan harga BBM di SPBU Pertamina per 3 Januari 2023:*

1. Pertamax - Rp13.900 menjadi Rp12.800


2. Pertamax Turbo - Rp15.200 menjadi Rp14.050


3. Dexlite - Rp18.300 menjadi Rp16.150


4. Pertamina Dex - Rp18.800 menjadi Rp16.750

*Harga berlaku untuk wilayah DKI Jakarta dan sejumlah wilayah lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper