Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada 100.000 Mobil Masuk Kota Bandung Jelang Tahun Baru

Wali Kota Bandung Yana mencatat 100.000 mobil dan 34.000 motor masuk ke Kota Bandung jelang pergantian tahun 2023.
Gerbang tol Pasteur 1 di jalan tol Padaleunyi (Purbaleunyi)./Jasa Marga
Gerbang tol Pasteur 1 di jalan tol Padaleunyi (Purbaleunyi)./Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA — Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut ada sebanyak 134.000 kendaraan yang masuk ke Kota Bandung, Jawa Barat, melalui berbagai akses menjelang malam pergantian Tahun Baru 2023.

Adapun ratusan ribu kendaraan terpantau oleh ratusan kamera pengawas yang terhubung ke Sistem Kendali Lalu lintas Kendaraan.

"Totalnya 134.000, kendaraan roda empat 100.000, kendaraan roda dua ada 34.000," kata Yana di Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Meski begitu, menurutnya situasi arus lalu lintas masih terpantau kondusif menjelang detik-detik pergantian tahun. Menurutnya titik kepadatan terjadi hanya di kawasan Jalan Asia-Afrika dan sekitarnya.

"Tapi di tempat lain Alhamdulillah lancar dan terkendali," kata Yana.

Dia meminta kepada masyarakat Bandung ataupun wisatawan dari luar Bandung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan apabila berada di keramaian meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut.

Sebagaimana diketahui, Kota Bandung merupakan salah satu daerah yang menjadi magnet bagi para wisatawan dari berbagai daerah.

"Kami mengingatkan masyarakat silahkan merayakan pergantian tahun dengan tertib tetap jaga protokol kesehatan," katanya.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) mencatat sebanyak 164.141 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 Tahun Baru 2023.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Jika dibandingkan dengan periode Nataru 2021, total volume lalin ini naik 8,72 persen dengan total 150.980 kendaraan. Sementara itu, jika dibandingkan dengan prediksi volume lalin Nataru 2022 pada periode yang sama, total volume lalin tersebut naik sebesar 3,75 persen dengan total 158.203 kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper