Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Awal Libur Nataru, Aktivitas di Bandara Soetta Melonjak Hampir 2 Kali Lipat

Bandara Soekarno Hatta mencatat 1.040 sampai 1.050 take off dan landing pesawat per hari sejak dua hari yang lalu, dari biasanya 700 per hari.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 24 Desember 2022  |  15:52 WIB
Awal Libur Nataru, Aktivitas di Bandara Soetta Melonjak Hampir 2 Kali Lipat
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Pergerakan pesawat sejak awal periode libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 disebut meningkat hingga dua kali lipat dari biasanya, secara khusus di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa terdapat lonjakan pergerakan angkutan udara saat libur akhir tahun berdasarkan frekuensi take off dan landing pesawat.

"Saya kemarin ke Soetta, dan di sana terjadi lonjakan ekstrem di mana penerbangan itu biasanya 700 take off dan landing per hari, kemarin dua hari berturut-turut sudah 1.040 sampai 1.050 [per hari]," terangnya usai rapat libur akhir tahun di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, dikutip dari siaran virtual, Sabtu (24/12/2022).

Oleh karena itu, Budi Karya telah meminta operator bandara, yakni PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero), untuk meningkatkan jumlah ketersediaan armada hingga perangkat SDM terutama yang berkaitan dengan aktivitas ground handling.

Dia juga mengimbau kesiapan operator bandara untuk bisa lebih bersiaga tidak hanya pada saat jam padat atau golden times, namun juga di setiap waktu agar tidak terjadi antrean panjang maupun delay.

Pergerakan angkutan penerbangan pada libur akhir tahun ini memperkuat sinyal pemulihan setelah dua tahun pandemi Covid-19. Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II Muhammad Awaluddin menyebut saat ini penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sudah menembus lebih dari 1.000 penerbangan.

Angka ini, lanjutnya, sudah mendekati angka pemulihan sebelum pandemi. Dia juga mengindikasikan bahwa tingkat pemulihan sudah menuju ke arah 100 persen.

"Kami perkirakan khusus Soekarno-Hatta saja tentu akan menebus angka menembus 1.050 take off landing," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Natal dan Tahun Baru angkasa pura ii bandara soekarno-hatta
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top