Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suku Bunga The Fed Tinggi, Mimpi Pebisnis Amerika Serikat Terkubur

Kesenjangan ekonomi Amerika Serikat semakin melebar antara yang kaya dan yang miskin. Simak dampak lain dari suku bunga tinggi.
Suku bunga The Fed yang tinggi, mengganggu bisnis di Amerika Serikat/ilustrasi
Suku bunga The Fed yang tinggi, mengganggu bisnis di Amerika Serikat/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Suku bunga tertinggi dalam 15 tahun menggagalkan mimpi Amerika Serikat (AS) dan membekukan rencana bisnis banyak orang Amerika.

Dilansir dari Bloomberg pada Senin (19/12/2022) suku bunga yang tinggi, membuat adanya lonjakan biaya pinjaman yang bisa menghukum konsumen kurang mampu, dan menjadi lebih buruk karena Federal Reserve (The Fed) melanjutkan kampanye anti-inflasinya dan mempertahankan kenaikan tarif tahun depan.

"Konsumen yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hanya menggali lubang yang lebih dalam dan lebih dalam dengan suku bunga yang lebih tinggi," kata ekonom Philip Cornell yang fokus pada penelitian tentang ekonomi menengah dan bawah.

Siklus kenaikan suku bunga Fed yang paling agresif dalam satu generasi menyaring ekonomi AS, kesenjangan semakin melebar antara yang kaya dan yang miskin. Bahkan tanpa resesi, rumah tangga dan bisnis merasakan kesulitan keuangan.

Simak dampak dan beban yang muncul saat suku bunga tinggi :

1. Biaya Perumahan

Perumahan dipatok dengan tarif yang lebih tinggi, ditambah dengan lonjakan nilai rumah selama pandemi, mendorong pembayaran hipotek bulanan pada rumah dengan harga rata-rata menjadi lebih dari US$2.000, naik dari sekitar $1.100 tepat sebelum Covid-19.

2. 'Lingkaran setan'

Kesenjangan melebar antara yang kaya dan kekurangan uang terjadi di dealer mobil di seluruh negeri. Hampir satu dari tiga pembeli mobil sekarang mengambil pinjaman enam hingga tujuh tahun untuk kendaraan bekas untuk membantu pembayaran bulanan yang lebih rendah.

Ketika konsumen terkunci begitu lama, saldo terutang dengan cepat melebihi nilai mobil bekas, kata Oren Weintraub, yang layanannya berbasis di California membantu konsumen menegosiasikan harga yang lebih baik dengan dealer dengan biaya tertentu "Ini adalah lingkaran setan," katanya.

3. Utang Kredit Melonjak

Suku bunga kartu kredit yang rata-rata 16,3 persen pada awal tahun telah naik menjadi lebih dari 19 persen, level tertinggi dalam data yang kembali ke 1985.

Peningkatan besar-besaran terutama untuk konsumen berpenghasilan rendah, mungkin melakukan pembayaran minimum dan memiliki saldo selama 20 tahun, kata CEO LendingClub Corp. Scott Sanborn.

"Saya kira konsumen belum sepenuhnya menginternalisasi berapa banyak biaya hidup mereka sebenarnya meningkat," jelas Sanborn.

4. Usaha kecil

Kepala eksekutif Asosiasi Waralaba Internasional Matt Haller mengatakan suku bunga pinjaman yang tinggi akan membuat pembeli waralaba yang lebih kecil keluar dari pasar, sementara perusahaan yang lebih besar mengalihkan lebih banyak akses ke modal berkonsolidasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper