Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 Tips Keuangan dari Warren Buffett

Ada beberapa tips keuangan dari Warren Buffett. Simak tips untuk meraih kesuksesan dengan mudah.
Warren Buffet
Warren Buffet

Bisnis.com, JAKARTA –  Siapa yang tidak mengenal Warren Buffett, investor yang sangat terkenal dan dihormati sepanjang masa. Dia juga populer karena pesonanya yang sederhana dan kutipannya yang selalu mengesankan tentang seni berinvestasi.

Ketika seseorang ingin mulai meraih kesuksesan, alangkah bijaksananya untuk mengikuti jejak dari orang-orang yang telah berhasil terlebih dulu. Sebab, potensi peluang Anda untuk sukses dapat meningkat dengan cepat, jika Anda mempelajari dan menerapkan sejumlah tips terbaik mereka.

Dilansir dari Go Banking Rates, Jumat (16/12/2022), ada beberapa tips keuangan dari Warren Buffett berikut untuk meraih kesuksesan dengan mudah.

Simak 10 tips mengatur keuangan dari Warren Buffet:

1. Jangan sampai kehilangan uang 

Salah satu nasihat yang paling populer dari Buffett adalah jangan pernah sekalipun kehilangan uang. Peraturan ini menjadi aturan utama dalam hidupnya.

Kemudian peraturan selanjutnya adalah jangan pernah melupakan peraturan yang pertama. Jadi menurut Buffett, jika seseorang mengalami kerugian, maka ini akan menjadi jauh lebih sulit lagi untuk mereka dapat kembali ke tempat awal saat memulai, apalagi untuk mendapatkan keuntungan baru.

2. Dapatkan sesuatu dengan nilai tinggi dengan harga yang rendah

Dalam surat pemegang saham Berkshire Hathaway tahun 2008, Buffett membagikan prinsip utama lainnya. “Harga adalah apa yang Anda bayar. Sementara nilai adalah apa yang Anda dapatkan," sebut Buffett, dikutip dari Gobankingrates.

Kehilangan uang dapat terjadi ketika seseorang membayar harga yang tidak sesuai dengan nilai yang didapatkan. Misalnya ketika seseorang membayar bunga tinggi untuk hutang kartu kredit atau membelanjakan barang yang jarang digunakan. 

Buffett menyarankan siapapun untuk hidup dengan sederhana, dengan mencari peluang untuk mendapatkan nilai lebih dengan harga yang tentunya lebih murah.

“Baik itu berbicara tentang kaus kaki atau saham, saya sangat suka membeli barang dagangan yang berkualitas ketika harganya sedang turun,” ujar Buffett.

3. Bentuk kebiasaan menggunakan uang yang positif

Buffet dalam pidatonya pada tahun 2007  di University of Florida mengatakan bahwa sebagian besar perilaku adalah kebiasaan, dan dia mengatakan bahwa rantai kebiasaan terlalu ringan untuk dirasakan sampai terlalu berat untuk dipatahkan.

"Berusahalah untuk membangun kebiasaan uang yang sehat dan positif. Hentikan kebiasaan yang merugikan dompet Anda," kata Buffett.

4. Hindari hutang

Tips keempat dari Buffett adalah saran untuk menghindari kebiasaan berhutang, terutama hutang kartu kredit. Bahkan dia berpesan agar jangan sampai kita bekerja hanya untuk membayar bunga pinjaman.

"Saya telah melihat lebih banyak orang gagal karena minuman keras dan leverage - leverage uang pinjaman," kata Buffett dalam pidato tahun 1991 di Universitas Notre Dame. “Jika Anda pintar, Anda akan menghasilkan banyak uang tanpa meminjam," sebutnya.

Buffett sangat waspada terhadap kartu kredit. Nasihatnya adalah untuk menghindari kartu kredit sama sekali. 

“Suku bunga kartu kredit sangat tinggi, Kadang-kadang mereka 18 persen. Kadang-kadang mereka 20 persen. Jika saya meminjam uang dengan bunga 18 persen atau 20 persen, saya akan bangkrut," ujarnya.

5. Selalu pegang uang cash

Kunci lain untuk memastikan keamanan keuangan adalah selalu menyimpan cadangan uang tunai (cash). “Kami selalu mempertahankan setidaknya US$20 miliar dan biasanya jauh lebih banyak, setara kas,” kata Buffett dalam laporan tahunan Berkshire Hathaway 2014.

“Ketika tagihan jatuh tempo, hanya uang tunai yang sah. Jadi jangan tinggalkan rumah tanpa itu," sambungnya.

6. Berinvestasilah pada diri sendiri

Buffett pernah berkata bahwa dengan berinvestasi sebanyak mungkin dari diri sendiri. Ini adalah aset terbesar seseorang sejauh ini.

"Apa pun yang Anda lakukan untuk meningkatkan bakat Anda sendiri dan menjadikan diri Anda lebih berharga akan terbayar dalam hal daya beli nyata yang sesuai," kata Buffett.

"Pengembalian itu juga besar. Apa pun yang Anda investasikan pada diri sendiri, Anda akan mendapatkan kembali sepuluh kali lipat," lanjutnya.

7. Belajar mengelola uang 

Salah satu bagian dari berinvestasi pada diri sendiri adalah harus belajar lebih banyak tentang mengelola uang. Sebagai seorang investor, sebagian besar pekerjaan Buffett terdiri dari membatasi eksposur dan meminimalkan risiko. 

Menurut Buffett, Semakin banyak yang Anda ketahui tentang cara mengelola keuangan pribadi, maka semakin tinggi pula keamanan keuangan untuk meminimalkan risiko buruk.

8. Percayai low-cost Indeks fund untuk portofolio

Meskipun sebagian besar saran Buffett berbatasan dengan filosofis, tetapi dia juga memberikan beberapa tips yang dapat ditindaklanjuti dan dapat diterapkan oleh hampir semua orang. Misalnya, Buffett mendesak investor rata-rata untuk membeli indeks fund.

“Masukkan 10 persen dari uang tunai dalam obligasi pemerintah jangka pendek dan 90% dalam low-cost indeks fund S&P 500 ,” tulisnya dalam suratnya tahun 2013 kepada pemegang saham Berkshire Hathaway. 

“Jika Anda berinvestasi dalam indeks fund yang berbiaya sangat rendah, di mana Anda tidak memasukkan uang sekaligus, tetapi rata-rata lebih dari 10 tahun, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada 90% orang yang mulai berinvestasi pada saat yang sama ,” kata Buffett pada pertemuan tahunan Berkshire Hathaway 2004.

9. Sedekah

Selain menerapkan gaya hidup sederhana, Buffett juga suka membagikan uangnya kepada mereka yang membutuhkan. Dia juga menyarankan kepada siapapun untuk dapat menerapkan kebiasaan baik ini.

"Jika Anda termasuk dalam 1 persen umat manusia yang paling beruntung, maka Anda telah berutang kepada seluruh umat manusia untuk memikirkan 99% lainnya," kata Buffet.

"Meskipun Anda mungkin bukan miliarder, Anda masih bisa memperkaya hidup Anda dengan berbagi," lanjutnya.

10. Lihat uang dalam jangka panjang 

Buffett mengatakan bahwa seseorang yang duduk di tempat teduh hari ini, itu dikarenakan seseorang telah menanam pohon di masa lalu. 

Dengan begitu, ketika kita menanam dan memelihara benih kesuksesan finansial sekarang, maka akan membawa keteduhan untuk dinikmati di kemudian hari. 

Keteduhan itu mungkin termasuk kebebasan dari hutang, pensiun yang aman atau kemampuan untuk menutupi biaya kuliah untuk anak-anak Anda. 

Pandangan jangka panjang tentang uang seperti ini menjadi sangat penting bagi keputusan investasi Buffett. Dalam suratnya tahun 2014 kepada para pemegang saham, dia mengatakan bahwa orang-orang harus berinvestasi dengan cakrawala multi-dekade. Fokus mereka harus tetap pada pencapaian keuntungan yang signifikan dalam daya beli selama masa investasi.

Dia mengimbau investor untuk tidak fokus pada saat-saat volatilitas pasar saham atau krisis ekonomi. Membangun kekayaan dan keamanan finansial membutuhkan waktu. Kemudian, kemungkinan besar seseorang akan menghadapi tantangan finansial di sepanjang jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ileny Rizky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper