Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

BI: Kinerja Penjualan Eceran November 2022 Akan Tumbuh

Bank Indonesia memperkirakan bahwa kinerja penjualan eceran akan tumbuh untuk sandang, makanan,dan tembakau.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 09 Desember 2022  |  16:22 WIB
BI: Kinerja Penjualan Eceran November 2022 Akan Tumbuh
Penjualan eceran pada November 2022 akan tumbuh./Ilustrasi - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bank indonesia atau BI memproyeksikan bahwa kinerja penjualan eceran akan mengalami pertumbuhan pada November 2022.

Berdasarkan Survei Penjualan Eceran, Indeks Penjualan Riil (IPR) pada September 2022 tercatat sebesar 204,2. Capaian itu tumbuh 1,6 persen (year-on-year/YoY) sehingga meningkatkan optimisme atas kinerja penjualan eceran.

“Kinerja penjualan eceran yang tumbuh positif tersebut diprakirakan didorong oleh tetap kuatnya pertumbuhan subkelompok sandang, kelompok barang budaya dan rekreasi, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau,” dikutip dari laporan BI pada Jumat (9/12/2022).

BI memperkirakan bahwa kinerja penjualan eceran akan tumbuh hingga 0,7 persen (month-to-month/MtM). Hal itu melanjutkan kinerja penjualan eceran pada Oktober 2022 yang tumbuh 2,3 persen (MtM).

“Kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, makanan, minuman dan tembakau, serta peralatan informasi dan komunikasi diperkirakan mengalami perlambatan karena permintaan yang terbatas dan keadaan musim/cuaca yang kurang mendukung,” tertulis dalam laporan itu.

Secara tahunan, kinerja penjualan eceran juga tercatat tumbuh positif, tercermin dari IPR Oktober 2022 di angka 202,7. IPR Oktober 2022 tercatat tumbuh 3,7 persen (YoY).

Kinerja tersebut ditopang oleh perbaikan kelompok peralatan informasi dan komunikasi, di tengah penurunan kinerja kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya serta suku cadang dan aksesoris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penjualan penjualan eceran Bank Indonesia bahan bakar
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top