Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PUPR Tunjuk Brantas Abipraya Bangun Rumah Korban Gempa Cianjur

Kementerian PUPR menugaskan Brantas Abipraya untuk membangun rumah korban gempa Cianjur.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  20:06 WIB
PUPR Tunjuk Brantas Abipraya Bangun Rumah Korban Gempa Cianjur
Sebanyak 62 orang tewas, 79 orang luka-luka, dan 5.389 jiwa mengungsi akibat gempa yang melanda kabupaten Cianjur Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) siang. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @bnpb
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai pembangunan rumah untuk korban gempa Cianjur dengan menugaskan PT Brantas Abipraya (Persero).

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan pihaknya telah memulai pembangunan rumah bagi warga yang akan direlokasi pascagempa sesuai dengan lahan yang disediakan Pemerintah Kabupaten Cianjur.

"Kami menugaskan PT Brantas Abipraya untuk segera bekerja, lokasinya di Cilaku sekitar 2,5 ha dan Mande sekitar 30 ha. Saat ini sedang dikerjakan 4 unit dari 200 unit Rumah Instan Sederhana Sehat dengan struktur tahan gempa," kata Basuki dalam keterangan resminya, Senin (5/12/2022).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, mengatakan ditargetkan pada akhir Desember 2022 sudah dapat dilakukan serah terima tahap I sebanyak 80 unit.

Sementara itu, untuk serah terima tahap II sebanyak 120 unit ditargetkan pada pekan ketiga Januari 2023.

Iwan mengungkapkan dengan penyelesaian secara bertahap, diharapkan seluruh pekerjaan dapat rampung sebelum Hari Raya Idulfitri sesuai dengan target yang diberikan oleh Menteri PUPR.

"Untuk di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku seluas 2,5 ha akan dibangun 200 unit rumah tipe 36 per 75 m, dengan progres 2 rumah diselesaikan malam ini. Lokasi kedua di Desa Mulyasari, Kecamatan Mande seluas 30 ha dibangun 1.600 unit dilengkapi IPA, IPAL, TPST, Fasos Fasum dan jalan lingkungan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brantas abipraya Kementerian PUPR Gempa Cianjur gempa
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top