Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jokowi Angkat Eks Jenderal Bintang Dua Polri Jadi Petinggi SKK Migas

Irjen (Purn) Eko Indra Heri yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Bareskrim Polri ditunjuk sebagai Pengawas Internal SKK Migas.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  14:00 WIB
Jokowi Angkat Eks Jenderal Bintang Dua Polri Jadi Petinggi SKK Migas
MenteriEnergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melantik dan mengukuhkan kepala dan pimpinan Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Senin (5/12 - 2022).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melantik dan mengukuhkan kepala dan pimpinan Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Senin (5/12/2022). 

Dalam pelantikan ini, selain memberhentikan dan mengangkat kembali Dwi Soetjipto sebagai Kepala SKK Migas, terselip juga nama Irjen (Purn) Eko Indra Heri yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Bareskrim Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai Pengawas Internal SKK Migas.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebut, pelantikan mantan jenderal bintang dua tersebut berkaitan erat dengan upaya penumpasan sejumlah kegiatan ilegal di hulu migas.

"Dia [Irjen Purn Eko Indra Heri] kan inspektorat, paham mengenai masalah-masalah terkait dengan hukum pengamanan," ungkap Arifin saat ditemui usai pelantikan di Gedung Chairul Saleh Kementerian ESDM, Senin (5/12/2022).

Menurutnya, masuknya pejabat dari institusi Polri ini diperlukan untuk membenahi kinerja SKK Migas.

"Kan perlu kita punya pengamanan lapangan-lapangan nanti juga mengenai [kegiatan] ilegal-ilegal, kita kan mesti dibenahi ya," imbuh Arifin. 

Nantinya, Arifin menuturkan, akan ada kerja sama antara SKK Migas melalui Irjen (Purn) Eko Indra Heri dengan Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

"Antara lain iya nantinya [bekerjasama dengan Gakkum], jadi timnya tim gabungan yang kuat," pungkas Arifin.

Irjen (Purn) Eko Indra Heri sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri sejak Agustus 2021. Namun, baru setahun menjabat, dia sudah dimutasi dan digantikan oleh Risyapudin Nurdin lantaran kasus prank sumbangan Rp2 triliun oleh keluarga Akidi Tio yang ramai dibicarakan tahun lalu.

Adapun, pelantikan jajaran petinggi SKK Migas tersebut sebagai tindak lanjut dari Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor : 51/M Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bum dan pelaksanaan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor : 284.K/KP.05/MEM.S/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan di Lingkungan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegaitan Usaha Hulu Minyak dan Gas.

Berikut susunan lengkap pimpinan SKK Migas terbaru:
• Kepala SKK Migas : Dwi Soetjipto
• Wakil Kepala SKK Migas : Nanang Abdul Manaf
• Sekretaris : Shinta Damayanti
• Pengawas Internal : Eko Indra Heri
• Deputi Eksplorasi Pengembangan dan : Benny Lubiantara
Manajemen Wilayah Kerja
• Deputi Eksploitasi : Wahju Wibowo
• Deputi Keuangan dan Monetisasi : Kurnia Chairi
• Deputi Dukungan Bisnis : Rudi Satwiko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

skk migas migas kementerian esdm
Editor : Denis Riantiza Meilanova
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top