Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Susi Air Layani Rute Sentani–Kiwirok yang Ditutup Sejak 2021

Kemenhub membuka rute penerbangan perintis Sentani–Kiwirok yang akan dilayani oleh Susi Air.
Pesawat perintis Susi Air melakukan penerbangan perdana. / Bisnis.com-Eldwin Sangga
Pesawat perintis Susi Air melakukan penerbangan perdana. / Bisnis.com-Eldwin Sangga

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka penerbangan Sentani–Kiwirok di Bandara Kiwirok, setelah sebelumnya ditutup sejak 2021. Penerbangan perintis itu dijadwalkan beroperasi seminggu sekali dilayani oleh maskapai Susi Air.

Untuk diketahui, Bandara Kiwirok sempat tidak melayani penerbangan pada tahun lalu karena aspek keamanan. Namun, saat ini masyarakat Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang Papua dapat menggunakan layanan penerbangan perintis itu.

"Alhamdulillah, hari ini telah dilaksanakan penerbangan perintis subsidi dengan rute Sentani-Kiwirok pulang pergi dengan jadwal seminggu sekali menggunakan pesawat Susi Air jenis Caravan," ujar Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nur Isnin Istiartono, dikutip dari siaran pers, Jumat (2/12/2022).

Operasional penerbangan di Bandara Kiwirok yang sempat terhenti selama beberapa bulan mengakibatkan sebagian warga mengungsi ke beberapa distrik di Pegunungan Bintang, salah satunya ke Oksibil.

"Beroperasinya kembali penerbangan perintis dari Sentani ke Kiwirok ini berkat adanya kolaborasi dan dukungan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Pegunungan Bintang, aparat TNI/Polri, Kantor Unit Penyelenggara Bandara Kiwirok dan stakeholders terkait lainnya," ujar Nur Isnin.

Isnin mengatakan bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub terus mendukung keberlangsungan penerbangan di semua bandara dengan membuka konektifitas di daerah tertinggal, terdepan, terluar dan perbatasan (3TP).

"Beroperasinya kembali penerbangan di bandara ini, menjadi momen yang membahagiakan bagi saudara-saudara kita di Distrik Kiwirok, karena bisa pulang rumahnya dengan selamat dan aman," ucapnya.

Sebelum beroperasi kembali, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang Keselamatan Penerbangan di UPBU Kiwirok Perspektif Keberlangsungan Transportasi Udara, Rabu (30/11/2022).

"Hasilnya rute Sentani-Kiwirok PP dibuka hari ini, selanjutnya masih ada 5 (lima) rute di bulan Desember ini untuk melayani mobilitas masyarakat Distrik Kiwirok dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2023," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper