Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asing Kabur! Neraca Pembayaran Defisit Rp19,5 Triliun pada Kuartal III/2022

Kinerja neraca pembayaran Indonesia berbalik defisit pada kuartal III/2022, karena pelarian modal asing.
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020).  Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) mencatatkan defisit sebesar US$1,3 miliar atau setara Rp19,5 triliun  (kurs Rp15.000 per dolar AS)pada kuartal III/2022. Kondisi ini berbalik dari kuartal sebelumnya yang mencatatkan surplus NPI sebesar US$2,4 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengatakan bahwa kinerja NPI pada kuartal ketiga tersebut masih tetap kuat menopang ketahanan eksternal, meski mencatatkan defisit.

“Transaksi berjalan pada kuartal III/2022 terus menunjukkan kinerja yang solid ditandai dengan peningkatan surplus sehingga dapat menahan tekanan terhadap NPI akibat tekanan pada transaksi modal dan finansial,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (18/11/2022).

Sementara itu, posisi cadangan devisa pada akhir September 2022 tercatat sebesar US$130,8 miliar atau setara dengan pembiayaan 5,7 bulan impor dan utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional. 

Erwin menjelaskan, transaksi berjalan pada kuartal III/2022 mencatatkan surplus sebesar US$4,4 miliar atau mencapai 1,3% dari PDB.

Capaian surplus ini lebih tinggi dari capaian kuartal sebelumnya sebesar US$4,0 miliar atau sebesar 1,2 persen dari PDB. 

Membaiknya kinerja transaksi berjalan tersebut, kata Erwin, bersumber dari peningkatan surplus neraca perdagangan nonmigas, seiring dengan tetap kuatnya permintaan ekspor dari negara mitra dagang dan harga komoditas global yang masih tinggi.

Hal ini juga dipicu dengan berkurangnya defisit neraca perdagangan migas sejalan dengan penurunan harga minyak dunia.

Di sisi lain, transaksi modal dan finansial mencatatkan defisit sebesar US$6,1 miliar atau mencapai 1,8 persen dari PDB, lebih tinggi dibandingkan dengan defisit US$1,2 miliar pada kuartal II/2022. 

Erwin mengatakan, kinerja transaksi modal dan finansial pada periode tersebut ditopang oleh investasi langsung di tengah meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global. 

“Investasi asing langsung membukukan surplus yang tetap tinggi sejalan dengan optimisme investor terhadap prospek perbaikan ekonomi dan iklim investasi domestik yang terjaga,” jelasnya.

Sementara itu, aliran keluar neto investasi portofolio meningkat akibat ketidakpastian di pasar keuangan global yang semakin tinggi dan kebutuhan pembayaran surat utang swasta yang jatuh tempo. 

Erwin menyampaikan, BI akan terus mencermati dinamika perekonomian global yang dapat mempengaruhi prospek NPI.

“BI juga terus memperkuat bauran kebijakan yang didukung koordinasi kebijakan yang erat dengan Pemerintah dan otoritas terkait guna memperkuat ketahanan sektor eksternal,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper