Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kementerian PUPR Kucurkan Bantuan Bedah Rumah Rp2,72 Triliun Tahun Depan

Pemberian bantuan perumahan melalui skema padat karya tunai yang dianggarkan Rp2,72 triliun bagi 103.000 unit rumah.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 18 November 2022  |  17:31 WIB
Kementerian PUPR Kucurkan Bantuan Bedah Rumah Rp2,72 Triliun Tahun Depan
Foto udara pembangunan perumahan bersubsidi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (2/9/2022). ANTARA FOTO - Mohamad Hamzah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan mengucurkan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau bedah rumah senilai Rp2,72 triliun pada 2023.

Dilansir dari unggahan Instagram Kementerian PUPR, program tersebut dicanangkan Kementerian PUPR guna mendorong kesejataheraan masyarakat di tengah ketidakpastian perekonomian yang disebabkan pandemi Covid-19.

Pemberian BSPS tersebut dilakukan melalui skema padat karya tunai yang dianggarkan Rp2,72 triliun bagi 103.000 unit rumah. Alokasi tersebut termasuk dukungan penanganan kemiskinan ekstrem sebesar minimal 20 persen menggunakan data BKKBN.

Dengan dilakukannya program tersebut, diharapkan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 206.000 pekerja sepanjang 2023.

Kementerian PUPR menyebut masyarakat berpenghasilan rendah akan mendapatkan bantuan untuk meningkatkan kualitas, sarana, prasarana, dan utilitas rumahnya.

Di samping itu, melalui skema padat karya tunai, masyarakat akan mendapatkan upah untuk menambah penghasilan.

Sekadar informasi, sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR Nomor 7/2022 tentang Pelaksanaan Bantuan Pembangunan Perumahan dan Penyediaan Rumah Khusus, program BSPS merupakan dukungan dana dari pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk peningkatan kualitas rumah swadaya berasaskan kegotongroyongan.

Dalam hal ini pemerintah mengalokasikan bantuan dan layanan rumah swadaya untuk menggerakkan dan meningkatkan keswadayaan dalam pemenuhan rumah layak huni dan lingkungannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kementerian PUPR Menteri PUPR pupr perumahan pembiayaan perumahan
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top