Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PUPR: 2 Ruas Tol Trans Sumatra Rampung 2023, Mana Saja?

Kementerian PUPR menyebutkan bahwa terdapat 2 ruas Jalan Tol Trans Sumatra yang bakal selesai pada 2023.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 13 November 2022  |  14:04 WIB
PUPR: 2 Ruas Tol Trans Sumatra Rampung 2023, Mana Saja?
Suasana proyek tol Indralaya-Prabumulih, Sumatra Selatan, sebagai bagian tugas PT Hutama Karya (Persero) mengembangkan Tol Trans Sumatra, Kamis (5/5). JIBI/Bisnis - Suselo Jati
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan bahwa terdapat 2 ruas Jalan Tol Trans Sumatra yang bakal selesai pada 2023.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan dua ruas Tol Trans Sumatra yang bakal selesai pada 2023 yakni Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat dan Jalan Tol Indrapura - Kisaran, pada Rabu (9/11/22).

Danang mengungkapkan Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat yang memiliki total panjang 143,25 km terbagi menjadi 6 Seksi, di antaranya Seksi 1 Tebing Tinggi - Inderapura 20,40 km saat ini progresnya mencapai 94,79 persen dan pada Desember mendatang ditargetkan selesai konstruksi sehingga siap untuk dioperasikan.

Selanjutnya, Seksi 2 Inderapura-Kuala Tanjung sepanjang 18,05 km hingga saat ini progresnya telah mencapai 75,32 persen. Kemudian, Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan sepanjang 30 km progresnya mencapai 64,62 persen, dan Junction Tebing Tinggi 7,07 km dengan progres mencapai 63,79 persen yang ditargetkan selesai konstruksinya pada awal 2023.

"Kemudian Seksi 4 Serbelawan - Pematang Siantar 28 km dengan progres mencapai 57,03 persen yang ditargetkan selesai konstruksinya pada pertengahan 2023 mendatang," kata Danang dalam keterangan resminya, Minggu (13/11/2022).

Keempat seksi jalan tol tersebut merupakan dukungan badan usaha jalan tol (BUJT) PT Hutama Marga Waskita. Sementara itu, untuk Seksi 5 Pematang Siantar - Seribudolok (22,30 Km) dan Seksi 6 Seribudolok - Parapat (16,70 Km) yang merupakan dukungan dari pemerintah, saat ini masih dalam tahap persiapan.

"Untuk Seksi 1 - 4 merupakan dukungan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Marga Waskita dan Seksi 5 - 6 merupakan dukungan pemerintah," jelasnya.

Lebih lanjut, Danang mengungkapkan progres terkini Jalan Tol Indrapura - Kisaran yang dikelola BUJT Hutama Karya juga menjadi konektivitas pendukung antar wilayah dari Medan ke Kisaran maupun wilayah sekitarnya serta menghubungkan sentra-sentra produksi dan menjadi akses ke berbagai destinasi wisata yang ada di Sumatra Utara.

"Saat ini progres konstruksi keseluruhan telah mencapai 64,97 persen yang ditargetkan akan selesai pada 2023 mendatang," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

trans sumatra jalan tol Kementerian PUPR
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top