Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tahun Ini, Penjualan Mobil dan Motor Diperkirakan Tembus Target

Pada tahun ini, penjualan mobil diperkirakan bisa mencapai 950.000 unit, dan sepeda motor bisa tembus 5,4 juta unit.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 18 November 2022  |  16:29 WIB
Tahun Ini, Penjualan Mobil dan Motor Diperkirakan Tembus Target
Ilustrasi penjualan sepeda motor - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Penjualan kendaraan roda empat (motor) dan roda dua (motor) di Indonesia diperkirakan sama-sama mengalami kenaikan tahun ini. 

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkirakan penjualan kendaraan roda empat mencapai 950.000 unit pada 2022. Kinerja itu naik 8,4 persen dibandingkan periode yang sama pada 2021.

Sementara itu, berdasarkan proyeksi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan kendaraan bermotor roda dua diperkirakan dapat mencapai angka 5,1 juta hingga 5,4 juta unit pada tahun ini. 

Apabila sesuai dengan target, maka penjualan motor di Tanah Air diproyeksikan naik sampai dengan 6,7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dibandingkan tahun lalu.

Untuk mencapai target tersebut, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita menilai IKM komponen otomotif sebagai bagian dari rantai pasok industri nasional perlu diperkuat.

"Tidak hanya dari sisi kompetensi SDM, teknologi mesin dan peralatan, promosi dan kemitraan, tetapi juga dari sisi kemudahan untuk mengakses bahan baku, sehingga produktivitas IKM dapat meningkat," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (18/11/2022). 

Menurutnya, ketersediaan bahan baku dengan harga yang kompetitif menjadi salah satu faktor penting dalam upaya pengembangan sentra industri kecil dan menengah (IKM) agar bisa lebih berdaya saing.

"Oleh sebab itu, Kemenperin terus berkomitmen dan berkolaborasi dengan banyak pihak untuk semakin mempermudah IKM mengakses bahan baku yang berkualitas dan tetap dengan harga yang bersaing," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil penjualan mobil sepeda motor Penjualan Sepeda Motor Ekspor Sepeda Motor
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top