Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

AirNav Pastikan Delegasi dan Tamu VVIP KTT G20 Dapat Pelayanan Prioritas

AirNav juga telah menyiapkan 11 bandara pendukung sebagai lokasi parkir alternatif bagi pesawat pendampin tamu VVIP KTT G20 Bali.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 11 November 2022  |  23:13 WIB
AirNav Pastikan Delegasi dan Tamu VVIP KTT G20 Dapat Pelayanan Prioritas
Penumpang melintas di area Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu (5/11/2022). Seluruh pengerjaan beautifikasi dan revitalisasi bandara serta persiapan berbagai fasilitas serta sarana pendukung di Bandara Bali telah rampung dan siap untuk menyambut tamu negara dan delegasi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. ANTARA FOTO - Fikri Yusuf
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – AirNav Indonesia telah membentuk Tim Penanganan Terpadu Pelayanan Navigasi Penerbangan Program Presidensi KTT G20 Indonesia untuk mendukung kelancaran lalu lintas penerbangan bagi para delegasi dan tamu negara.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Risedi menuturkan tim tersebut terdiri dari perwakilan Kantor Pusat, Kantor Cabang Denpasar, dan 11 Cabang Penyangga untuk mendukung kelancaran lalu lintas penerbangan bagi para delegasi dan tamu negara.

Dia pun telah memastikan kecakapan personel, khususnya petugas pengatur lalu lintas (Air Traffic Controller/ATC) di lokasi yang secara langsung memberikan pelayanan navigasi penerbangan untuk penerbangan KTT G20 Bali. 

Selain itu, AirNav juga telah melaksanakan program simulasi berbasis komputer untuk penanganan penerbangan VVIP menggunakan fasilitas ATC Simulator.

Operator navigasi penerbangan tersebut juga telah memastikan familiarisasi pola kerja kepada seluruh personel yang akan bertugas untuk mengantisipasi kemungkinan pengaktifan Air Traffic Management Contigency Plan jika terjadi kegagalan dalam sistem pelayanan.

Terkait dengan keamanan data dan sistem navigasi penerbangan, AirNav telah melakukan uji penetrasi dan penilaian pada sistem dan jaringan di Cabang Makassar Air Traffic Service Center dan Denpasar dengan melibatkan BSSN untuk mengantisipasi serangan siber. 

“Dengan kesiapan yang telah disusun, pesawat delegasi [VVIP dan pendamping] akan mendapatkan pelayanan dengan standar prioritas utama. AirNav juga telah menyiapkan lalu lintas 11 bandara pendukung sebagai lokasi parkir alternatif bagi pesawat pendamping,” ujarnya, Jumat (11/11/2022).

AirNav Indonesia memang telah mengantongi hampir seluruh jenis kebutuhan pelayanan navigasi penerbangan dari pesawat VVIP yang akan dilayani. Dengan kesiapan yang telah disusun, pesawat delegasi (VVIP dan pendamping) akan mendapatkan treatment pelayanan dengan standar prioritas utama.

AirNav juga telah menyiapkan 11 bandara pendukung sebagai lokasi parkir alternatif bagi pesawat pendamping VVIP dan menyiapkan prosedur serta langkah mitigasi pelayanan navigasi penerbangan selama pelaksanaan G20.

“Namun terkait dengan jadwal kedatangan para delegasi dan pimpinan negara peserta dan undangan konferensi merupakan data dengan klasifikasi publikasi terbatas yang tidak dapat disampaikan oleh AirNav,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 KTT G20 AirNav
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top