Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Bocoran Tanggal Kedatangan Para Pemimpin Negara G20

Sejumlah pemimpin dari negara-negara anggota G20, yang terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa, dijadwalkan hadir langsung ke Pulau Dewata.
Ilustrasi bendera negara anggota G20/Dok. G20.org
Ilustrasi bendera negara anggota G20/Dok. G20.org

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah pemimpin negara akan segera datang ke Bali untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G20. Kabarnya, sebagian dari para pemimpin itu hadir satu atau dua hari sebelum pelaksanaan KTT.

KTT G20 akan berlangsung pada 15—16 November 2022 di kawasan Nusa Dua, Bali. KTT menjadi acara puncak dari rangkaian pertemuan G20 di bawah Presidensi Indonesia sepanjang tahun ini.

Sejumlah pemimpin dari negara-negara anggota G20, yang terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa, dijadwalkan hadir langsung ke Pulau Dewata. Selain mereka, terdapat pula pemimpin dari berbagai negara dan organisasi undangan yang akan hadir ke Bali.

Para kepala negara, menteri, dan delegasi anggota G20 akan disambut kedatangannya di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Hingga saat ini belum terdapat informasi rinci mengenai waktu kedatangan para pemimpin negara, tetapi kabarnya mereka akan datang ke Bali mendekati pelaksanaan KTT G20.

"Jadwal kedatangan berbagai kepala negara masih dinamis pada tanggal 13—14 November 2022," tertulis dalam informasi yang diperoleh Bisnis, dikutip pada Rabu (9/11/2022).

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa saat ini sudah terdapat sekitar 17 pemimpin negara yang mengonfirmasi kehadirannya secara langsung ke KTT G20 Bali. Di antara nama-nama itu, terdapat Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

"Keduanya termasuk di antara 17 pemimpin negara yang telah mengonfirmasi kehadiran mereka," ujar Jokowi, dilansir dari Bloomberg pada Rabu (9/11/2022).

Adapun, Jokowi menyebut bahwa kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy masih tentatif, bergantung kepada situasi. Rusia merupakan anggota G20, sedangkan Ukraina merupakan negara undangan dalam Presidensi G20 Indonesia.

"Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan mereka akan datang, jika situasinya memungkinkan," ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper