Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sepekan Menuju KTT G20 Bali, Seluruh Hotel di Nusa Dua Full Booked!

Seluruh hotel di kawasan Nusa Dua, Bali, telah terisi penuh dalam sepekan terakhir menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15–16 November 2022.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 09 November 2022  |  15:12 WIB
Sepekan Menuju KTT G20 Bali, Seluruh Hotel di Nusa Dua Full Booked!
Penumpang melintas di area Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu (5/11/2022). Seluruh pengerjaan beautifikasi dan revitalisasi bandara serta persiapan berbagai fasilitas serta sarana pendukung di Bandara Bali telah rampung dan siap untuk menyambut tamu negara dan delegasi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. ANTARA FOTO - Fikri Yusuf
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Seluruh hotel di kawasan Nusa Dua, Bali, dinyatakan telah terisi penuh dalam sepekan terakhir menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15–16 November 2022.

Di kawasan Nusa Dua yang memiliki luas lahan 350 hektare, terdapat 3 hotel bintang empat, 14 hotel bintang lima, dan 3 luxury villa. Secara total terdapat sebanyak 5.485 unit kamar, 120 meeting room, dan beberapa ruang konferensi. 

Seluruh tempat tersebut mampu mengakomodasikan satu event yang akan dihadiri oleh 21.000 orang sekaligus.

Adapun, delapan di antara tempat akomodasi kelas dunia itu akan digunakan sebagai tempat menginap para kepala negara dan kepala pemerintahan yang hadir dalam perhelatan akbar tersebut. 

Di luar 20 negara G20, sejumlah kepala negara Asean dan beberapa negara lainnya akan hadir sebagai tamu khusus, atas undangan Pemerintah Indonesia, sebagai pemegang Presidensi G20 2022.

Tidak hanya di Nusa Dua, puluhan hotel di daerah wisata Tanjung Benoa yang berada persis di sebelahnya juga dinyatakan telah terisi penuh.

Secara total, termasuk delegasi resmi G20 yang berjumlah 4.500 orang, ditambah  para pemangku kepentingan lain, termasuk para pebisnis, tim supporting delegasi resmi, aktivis LSM, utusan lembaga internasional, jurnalis, serta observer, maka jumlah yang hadir diperkirakan mencapai 12.750 orang. 

Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyampaikan sepanjang Presidensi G20 Indonesia, sebanyak 438 event telah digelar di 25 kota Indonesia. 

Pada rangkaian tersebut, terdapat 111 kegiatan pendukung dan 49 kegiatan utama, yang dibagi dalam kegiatan jalur sherpa dan jalur finansial. 

Susiwijono mengatakan, kontribusi G20 pun diperkirakan mencapai US$533 juta atau sekitar Rp7,4 triliun pada 2022. Sebagian besar akan berputar di Bali.

Konsumsi domestik yang didorong oleh rangkaian forum G20 itu meningkat hingga Rp1,7 triliun dan menyerap tenaga kerja hingga 33.000 orang. 

‘’Kalau dibandingkan dengan Annual Meeting IMF-Bank Dunia pada 2018, manfaat nyata [pertemuan G20] bisa 1,5 hingga dua kali lipat bahkan lebih,” katanya, mengutip siaran pers, Rabu (9/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 KTT G20 G20 Indonesia hotel
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top