Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Suharso Kunjungi Booth Industri Pertahanan Turki, Pemerintah Kepincut Pesawat Tanpa Awak Baykar?

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa mengunjungi sejumlah booth pameran alutsista yang ada di Hall B JIExpo Kemayoran.
Menteri PPN Suharso Monoarfa saat mengunjungi Indo Defence 2022/Bisnis-Dany
Menteri PPN Suharso Monoarfa saat mengunjungi Indo Defence 2022/Bisnis-Dany

Bisnis.com, JAKARTA- Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengunjungi sejumlah booth pameran di 'Indo Defence Expo & Forum 2022' di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (3/11/2022). 

Suharso terlihat mengunjungi sejumlah booth pameran alutsista yang ada di Hall B JIExpo Kemayoran. Beberapa booth pameran yang dikunjungi yakni milik Turkish Aerospace. 

Berdasarkan pantauan Bisnis, Suharso sampai di booth tersebut sekitar pukul 15.30 WIB, sebelum memasuki ruang pertemuan untuk berbincang dengan pihak perwakilan dari Turkish Aerospace. 

Tidak lama setelah itu, Suharso langsung bertolak ke sejumlah booth lain dan menghampiri booth milik PT Indo Pacific Communication & Defence atau IPCD, holding perusahaan manufaktur alutsista, teknologi, dan perlengkapan militer yang berbasis di Indonesia. 

Suharso juga sempat melihat-melihat kendaraan militer roda empat produksi IPCD, seperti tipe P6 ATAV yang digunakan oleh sejumlah pasukan TNI seperti Kopasgat, Kopassus, Denjaka, hingga Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres. 

Setelah melihat-melihat kendaraan roda empat tersebut, Suharso mengunjungi booth milik perusahaan asal Turki lainnya yakni Baykar. Perusahaan tersebut memproduksi pesawat tanpa awak atau yang lebih dikenal sebagai Unmanned Aerial Vehicle (UAV). 

Adapun, pesawat tanpa awak produksi Baykar khususnya Bayraktar- TB2 diklaim sebagai UAV yang paling banyak digunakan. Pesawat tersebut, dan juga seluruh jenis pesawat produksi Baykar, dijual ke 24 negara. 

"Pesawat tanpa awak Bayraktar-TB2 merupakan pesawat yang saat ini digunakan pada konflik Rusia-Ukraina," tutur seorang perwakilan Baykar di pameran Indo Defence. 

Hari ini merupakan hari kedua penyelenggaraan Indo Defence Expo & Forum 2022. Kemarin, Rabu (3/11/2022), acara ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Dalam keterangannya usai peninjauan, Jokowi mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai ajang promosi bagi produk peralatan pertahanan dan keamanan dalam negeri. 

"Pagi hari ini saya baru saja meninjau Indo Defence 2022 bersama Pak Menteri Pertahanan Pak Prabowo. Ini saya melihat bagus untuk promosi juga utamanya produk peralatan pertahanan dan keamanan," ujarnya, di JIExpo Kemayoran, Rabu (2/11/2022).

Sementara itu, Prabowo Subianto dalam laporannya menyebut bahwa 'Indo Defence 2022 Expo & Forum' diikuti oleh 905 perusahaan yang terdiri dari 158 perusahaan dalam negeri dan 747 perusahaan luar negeri dari 59 negara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper