Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa itu Ekonomi Mikro dan Perbedaannya dengan Ekonomi Makro

Ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang mempelajari tentang kurva permintaan dan penawaran. Simak penjelasan lengkapnya.
Mengenal arti ekonomi mikro dan perbedaannya dengan ekonomi makro.
Mengenal arti ekonomi mikro dan perbedaannya dengan ekonomi makro.

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonomi mikro adalah studi tentang kecenderungan individu dalam membuat pilihan untuk menanggapi perubahan insentif, harga, metode produksi dan sumber daya. Dikutip dari buku Principle of Microeconomics pada tahun 2008, ekonomi mikro adalah ilmu yang membahas tentang peran individu pelaku ekonomi. 

Beberapa aspek analisis dalam ekonomi mikro diantaranya model-model pasar, industri, teori permintaan, analisis manfaat, teori produksi, hingga teori harga. Selain itu ekonomi mikro juga berperan dalam membuat kebijakan perusahaan mengenai pengelolaan sumber daya seperti pengelolaan harga. 

Tujuan Ekonomi Mikro

  • Dapat melakukan analisis kegagalan pasar, yaitu Ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien dan menjelaskan berbagai macam situasi teoritis dan strategis yang dibutuhkan pasar dengan bentuk persaingan yang sempurna.
  • Dapat melakukan analisis pada mekanisme yang menjadi pembentuk harga relatif pada produk, baik berupa barang ataupun jasa dan aplikasinya dari sumber yang terbatas di antara banyaknya penggunaan alternatif.

Contoh Ekonomi Mikro

  • Perilaku konsumen dan produsen 
    Perilaku konsumen dan produsen adalah aktivitas dan proses yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi dalam memilih, mencari, membeli, mengevaluasi dan juga menggunakan barang atau jasa untuk kebutuhan tertentu. 
  • Penawaran 
    Penawaran merupakan sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. Pelaku yang melakukan penawaran adalah produsen, di mana semakin tinggi harga maka semakin naik juga jumlah penawarannya. Sebaliknya, jika harga semakin menurun maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan akan semakin rendah. 
  • Permintaan 
    Ketika ada permintaan, terutama Ketika harga barang atau jasa semakin tinggi, maka akan semakin turun jumlah permintaan itu untuk barang dan jasa. Sebaliknya, jika harga barang atau jasa semakin turun, maka semakin tinggi permintaan pembeli pada barang atau jasa. 
  • Harga 
    Harga menjadi bagian dari contoh ekonomi mikro karena memiliki hubungan dengan suatu nilai barang. Harga merupakan unsur bauran di pemasaran yang menunjukkan sebuah keuntungan. Fungsi harga dalam ekonomi mikro merupakan alat ukur yang menunjukkan nilai suatu barang atau jasa. Jadi, Ketika harga ditentukan itu dipengaruhi oleh kondisi perekonomian, kurva permintaan dan penawaran akan terus mengalami perubahan. 
  • Pasar 
    Pasar tidak hanya diartikan dalam bentuk fisik saja, melainkan dapat berbentuk luas seperti marketplace atau aktivitas jual beli secara online menggunakan internet. 
  • Biaya dalam 
    Biaya adalah pengorbanan yang digunakan perusahaan atau individu untuk memperoleh lebih banyak manfaat dari berbagai aktivitas ekonomi yang mereka lakukan. Biaya ini dapat memengaruhi perubahan harga.

    Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekomomi Makro

    Ekonomi mikro melibatkan berbagai macam teori seperti distribusi, harga dan produk. Sedangkan ekonomi makro fokus dengan pendapatan, output, kemungkinan inflasi dan deflasi dan yang lainnya. 

    Perbedaan ekonomi mikro dan makro juga terletak terhadap tujuan dan analisis untuk menghasilkan keuntungan. Ekonomi makro menerapkan analisis cara untuk mengalokasikan sumber daya, sedangkan ekonomi mikro terlibat dalam kegiatan ekonomi dalam lingkup internasional ataupun nasional. 

    Itulah beberapa penjelasan tentang ekonomi mikro dan perbedaan ekonomi mikro dan makro yang harus kamu tahu. 

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


    Penulis : Hana Fathina
    Konten Premium

    Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

    Artikel Terkait

    Berita Lainnya

    Berita Terbaru

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    # Hot Topic

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Rekomendasi Kami

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Foto

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper