Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Permintaan: Jenis, Fungsi, Hukum dan Faktor yang Mempengaruhinya

Permintaan adalah jumlah barang dan jasa tertentu yang dibeli, pada berbagai kemungkinan tingkat harga dan dalam waktu tertentu.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 18 November 2022  |  22:26 WIB
Permintaan: Jenis, Fungsi, Hukum dan Faktor yang Mempengaruhinya
Jenis/jenis permintaan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Permintaan adalah keinginan untuk mendapatkan sesuatu barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah barang substitusinya. Selain itu, pengertian permintaan adalah keinginan yang disertai kemampuan untuk membeli barang dan jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu. Harga pasar terbentuk dari bertemunya permintaan dan penawaran. Permintaan adalah salah satu unsur penting membentuk harga keseimbangan. 

Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling memenuhi satu sama lain. Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang permintaan yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Jenis – jenis permintaan

  • Permintaan potensial 
    Permintaan jenis ini merupakan permintaan atas suatu barang atau jasa, yang didukung dengan adanya kepemilikan sejumlah uang atau kemampuan daya beli. Namun, pembelian atas barang atau jasa tersebut masih berupa rencana membeli karena adanya beberapa alternatif barang atau jasa. 
  • Permintaan absolut 
    Permintaan absolut adalah permintaan atas barang atau jasa yang tidak diiringi dengan kemampuan untuk membeli, sehingga lebih merupakan angan-angan. Permintaan absolut ini dimiliki oleh semua orang. 
  • Permintaan efektif 
    Permintaan efektif merupakan permintaan atas suatu produk barang atau jasa, yang disesuaikan dengan daya beli yang dimiliki.

2. Fungsi permintaan

Fungsi permintaan merupakan suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta. Fungsi permintaan memiliki rumus seperti:

P = a – bQ atau Q = a – bP

Q = jumlah barang yang diminta. 

P = harga per unit. 

a = angka konstanta. 

b = koefisien kecenderungan (negative karena hubungan permintaan bersifat berbanding terbalik)

3. Faktor yang mempengaruhi permintaan

  • Harga barang substitusi dan barang komplementer
    Permintaan terhadap suatu barang dapat dipengaruhi oleh harga barang-barang lain yang ada kaitannya seperti barang dapat saling menggantikan dan barang yang saling melengkapi. 
  • Jumlah penduduk 
    Pertambahan jumlah penduduk tentunya menambah jumlah barang yang dikonsumsi, akan tetapi proporsinya akan sangat tergantung pada pertambahan dalam kesempatan kerja. 

Jika pertambahan penduduk diiringi oleh pertambahan dalam kesempatan kerja, maka akan lebih banyak orang-orang yang menerima pendapatan, sehingga daya beli masyarakat akan meningkat. Meningkatnya daya beli masyarakat berarti akan meningkatkan demand terhadap barang dan jasa. 

  • Ekspektasi (harapan konsumen)
    Perubahan yang diramalkan akan terjadi dimasa datang akan bisa mempengaruhi demand. Ketika semua konsumen meramalkan bahwa akan terjadi kenaikan harga barang dan jasa di masa mendatang, maka pada saat sekarang konsumen akan melakukan pembelian yang lebih banyak terhadap barang-barang yang mengalami kenaikan harga tersebut. 
  • Pendapatan konsumen 
    Pendapatan konsumen merupakan faktor yang sangat penting di dalam menentukan permintaan adalah terhadap berbagai jenis barang. Jika pendapatan konsumen meningkat, maka daya beli juga meningkat. 

4. Hukum permintaan

Bunyi hukum permintaan seperti ‘Jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan turun. Sebaliknya, jika harga suatu barang turun, maka jumlah barang yang diminta akan naik’. Contoh hukum permintaan adalah Ketika ada kenaikan selera konsumen akibat tren yang ada, maka hal itu akan memicu kenaikan permintaan. 

5. Kurva permintaan

Berdasarkan hukum permintaan, jumlah permintaan sebuah barang atau jasa akan berbanding terbalik dengan harga barang tersebut yang berarti, kurva permintaan barang tersebut akan bergerak dari kiri atas ke kanan bawah. 

Itulah beberapa hal tentang permintaan yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

permintaan daya beli tips bisnis bisnis ekonomi jual beli
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top