Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi Mercedes Bertahan Di Tengah Ancaman Resesi Global

Ini strategi Mercedes-Benz Group Automotive manufacturer (AG) berusaha bertahan di saat ancaman resesi global kian menguat.
Mercedez GLS 400 AMG Line Seite 5/Wheelsage
Mercedez GLS 400 AMG Line Seite 5/Wheelsage

Bisnis.com, JAKARTA - Mercedes-Benz Group Automotive manufacturer berusaha bertahan untuk meningkatkan penjualan sekalipun kondisi ekonomi global menuju resesi atau situasi yang kian memburuk. 

Dilansir dari Bloomberg pada Selasa (18/10/2022), pada bulan Mei pembuat mobil mewah menguraikan sasaran margin operasi sebesar 14 persen dalam kondisi normal pada tahun 2025, tidak lebih rendah dari 8 persen dalam kondisi yang buruk.

Chief Executive Officer Ola Kaellenius mengungkapkan perusahaan mau tak mau harus menciptakan pola keuangan yang kuat.

Dia mengatakan dorongan yang bergantung pada pergerakan portofolio kelas atas Mercedes, dimaksudkan untuk meyakinkan investor bahwa perusahaan dapat meningkatkan siklus ekonomi yang lebih baik.

Produsen mobil mewah tersebut telah melalui sejumlah kemunduran sejak guncangan pandemi Covid-19 dan gangguan rantai pasokan terkait cip yang sekarang mereda.

"Namun, terdapat sedikit penangguhan karena meningkatnya siklus ekonomi, harga energi yang tinggi dan langkah-langkah pandemi yang ketat di China mengancam untuk menunda pembeli," ujar perwakilan Mercedes-Benz Group. 

Banyak produsen termasuk Mercedes sedang mengerjakan daftar pesanan yang sedang berkembang, sejauh ini belum melihat banyak perubahan dalam permintaan.

Selama kuartal I/2022, kinerja perseroan naik ke rekor 16,4 persen karena Mercedes mengalihkan produksi ke kendaraannya yang paling menguntungkan. Sebelum kinerja perusahaan tergelincir di kuartal II/2022 karena tingginya angka inflasi. 

Terlepas dari kemewahan serta mencakup fokus pada berperforma, saham Mercedes telah turun 18 persen sepanjang tahun ini. Tidak seperti rekan Jerman Volkswagen AG dan BMW AG, pembuat sedan EQS tidak memiliki investor jangkar dominan yang dapat menangkis faktor eksternal. 

“Kelipatan kita terlalu rendah. Namun, kita bisa melihat sisi lain dari transformasi, saya yakin ada banyak nilai yang bisa dibuka di saham kita," jelas Kaellenius.

Sementara Mercedes mencari lebih banyak pembeli mobil mewah, pembuat kendaraan roda empat lain mengambil langkah untuk memisahkan bisnis kendaraan listrik (EV ) dalam upaya untuk memicu pangsa pasar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper