Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonom Celios: Waspada Tren Penurunan Neraca Perdagangan RI!

Ekonom Celios Bhima Yudhistira meminta pemerintah mewaspadai tren penurunan neraca perdagangan Indonesia.
Ilustrasi Tren Penurunan Neraca Perdagangan Indonesia. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi Tren Penurunan Neraca Perdagangan Indonesia. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Center of Economic and Law Studies atau Celios menilai bahwa surplus neraca perdagangan Indonesia terus mengalami penurunan. Hal itu perlu diwaspadai, terutama di tengah kerentanan ekonomi global.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan Indonesia per September 2022 mengalami surplus US$4,99 miliar, lebih rendah dari surplus Agustus 2022 senilai US$5,76 miliar. Realisasi itu merupakan surplus neraca dagang beruntun dalam 29 bulan terakhir.

Ekonom dan Direktur Celios Bhima Yudhistira menilai bahwa pemerintah dan dunia usaha perlu mencermati sinyal penurunan surplus neraca dagang tersebut. Tekanan ekonomi global yang masih akan terjadi hingga tahun depan bisa membebani kinerja ekspor.

“Tren penurunan surplus perdagangan terjadi akibat moderasi pada harga komoditas ekspor utama terutama CPO di pasar internasional dan koreksi pada harga batubara dibanding bulan sebelumnya,” ujar Bhima pada Senin (17/10/2022).

Dari sisi impor, secara bulanan memang terjadi penurunan impor migas per September 2022. Namun, menurut Bhima, dalam periode Januari—September 2022 impor migas tercatat naik 83,5 persen (year-on-year/YoY).

Kondisi impor migas itu menurutnya perlu diwaspadai meskipun ada kenaikan harga BBM, karena defisit migas yang tetap tinggi. Pada Januari—September 2022 defisit migas menembus US$18,8 miliar, bahkan melebihi posisi Januari—Desember 2021 senilai US$13,2 miliar.

“Perlu diwaspadai dampak dari penurunan surplus perdagangan yang berlanjut terhadap stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat. Semakin turun pendapatan ekspor sementara kebutuhan impor migasnya meningkat, maka rupiah berisiko alami pelemahan secara kontinu,” ujar Bhima.

Dia menilai bahwa pemerintah perlu mencari langkah-langkah mitigasi dengan meningkatkan porsi ekspor produk industri pengolahan non-komoditas.

Lalu, Indonesia harus mencari pasar alternatif yang masih cukup tahan terhadap ancaman resesi, misalnya di Asean ada Vietnam dan Filipina, lalu terdapat Afrika Utara dan jazirah Arab.

Celios pun berpandangan bahwa Indonesia mengurangi ketergantungan pada konsumsi migas dengan percepatan transisi energi, hingga memperbesar industri substitusi impor didalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper