Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuota BSU Tersisa 6,4 Juta Pekerja, Cek Data Penerima Lewat HP di Link Ini

BSU 2022 Rp600.000 telah tersalurkan untuk 8,1 juta pekerja atau baru 63,60 persen dari total calon penerima yaitu 14,6 juta pekerja.
Tampilan situs bsu.kemnaker.go.id untuk mengecek status penerima bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji dari pemerintah/Kemnaker.go.id
Tampilan situs bsu.kemnaker.go.id untuk mengecek status penerima bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji dari pemerintah/Kemnaker.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencatat bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp600.000 per orang yang sudah memasuki tahap empat telah tersalurkan untuk 8.168.987 pekerja.

Menaker Ida Fauziyah berharap agar BSU dapat digunakan dengan bijak oleh para penerima bantuan sebagai bantalan sosial dari dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Tentu kita berharap bantuan ini digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat, tidak untuk kebutuhan yang tidak perlu," kata Menaker Ida dalam keterangan resmi dikutip, Jumat (7/10/2022).

Secara nasional, BSU telah tersalurkan untuk 8,1 juta pekerja atau baru 63,60 persen dari total calon penerima, yaitu 14,6 juta pekerja. Dengan demikian masih ada kuota sekitar 6,4 juta pekerja yang akan menerima BSU tahap selanjutnya.

Secara rinci, penerima tahap I sebanyak 4.112.052 orang, penerima tahap II sebanyak 1.607.776 orang, penerima tahap III sebanyak 1.357.722 orang, dan penerima tahap IV sebanyak 1.091.437 orang.

Ida menjelaskan alasannya menyalurkan BSU dilakukan secara bertahap yakni dengan tujuan agar bantuan tersebut tepat sasaran, karena membutuhkan proses verifikasi yang panjang.

"Makanya setelah kami menerima data dari BPJS Ketenagakerjaan, kami padankan dulu data tersebut apakah mereka menerima atau tidak program bantuan pemerintah yang lain, seperti Kartu Prakerja, kemudian BPUM, kemudian BLT BBM, PKH. Kemudian kami juga harus padankan apakah calon penerima ini adalah anggota TNI, Polri dan ASN apa bukan, karena mereka tidak berhak menerima," ujarnya.

Sementara itu, bagi pekerja yang ingin mengecek apakah namanya tertera sebagai calon penerima BSU Tahap 4 maupun tahap selanjutnya, dapat mengeceknya melalui website kemnaker.go.id atau bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Berikut ini cara cek penerima BSU 2022 Rp600.000 lewat HP:

1. Kunjungi website bsu.kemnaker.go.id melalui browser Hp Anda
2. Login akun
3. Jika belum memiliki akun, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan melengkapi data yang diperlukan
4. Kemudian, lakukan aktivasi akun menggunakan kode OTP yang dikirim ke nomor handphone Anda. Selanjutnya, login ke dalam akun Anda
5. Lengkapi profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi
6. Cek pada bilah notifikasi tentang ketetapan Anda terdaftar dalam penerima BSU 2022
7. Anda juga akan mendapatkan notifikasi apabila dana bantuan sudah tersalurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper