Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Kemenhub Soal Subsidi Biaya Konversi Kendaraan Listrik

Rencana teknis pemberian subsidi untuk konversi ke kendaraan listrik masih dibahas dengan Kementerian Keuangan.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 06 Oktober 2022  |  19:39 WIB
Update Kemenhub Soal Subsidi Biaya Konversi Kendaraan Listrik
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) bersiap mengendarai motor listrik saat diluncurkan sebagai kendaraan dinas Kementerian Perhubungan di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (16/12/2020). - ANTARA FOTO
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menggodok rencana subsidi biaya konversi kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan berbasis listrik.

Saat ini, rencana teknis pemberian subsidi untuk konversi ke kendaraan listrik masih dibahas dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Untuk konversi masih dalam pembicaraan dengan Kemenkeu terkait subsidi percepatan konversi," ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, Kamis (6/10/2022).

Sebelumnya, Kemenhub menyampaikan bahwa subsidi diharapkan bisa mengakselerasi konversi kendaraan listrik. Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Kami bersama kementerian/lembaga dan unsur terkait, tengah berdiskusi mengupayakan ada subsidi untuk melakukan konversi dari kendaraan BBM ke listrik. Khususnya untuk sepeda motor," kata Budi Karya dikutip dari siaran pers.

Sumber pendanaan subsidi, terang Budi Karya, bisa dialokasikan dari anggaran subsidi BBM maupun dari pemerintah daerah yang kurang produktif.

Sampai dengan 3 Oktober 2022, Kemenhub menyebut sudah ada sebanyak 28.188 unit kendaraan listrik di Indonesia. Data tersebut bersumber dari Sertifikasi Registrasi Uji Tipe atau Vehicle Type Approval (VTA) online.

Secara terperinci, terdapat 22.833 unit sepeda motor roda dua, 4.904 unit mobil penumpang, 280 unit kendaraan toda tiga, 56 unit bus, dan enam unit mobil barang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kendaraan Listrik Kemenhub menhub
Editor : Denis Riantiza Meilanova
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top