Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Puan Maharani Singgung Tawaran Putin Investasi di IKN

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bahwa Indonesia masih menunggu soal kelanjutan dari tawaran partisipasi Rusia di IKN.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 06 Oktober 2022  |  14:32 WIB
Puan Maharani Singgung Tawaran Putin Investasi di IKN
Truk melintas di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/10/2022). ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyinggung soal tawaran Presiden Rusia Vladimir Putin terkait dengan partisipasi negaranya dalam pengembangan transportasi kereta di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal tersebut disampaikan Puan saat bertemu dengan Parlemen Rusia.

Tawaran Presiden Putin yang disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Rusia pada Juli 2022 lalu menjadi salah satu topik yang dibahas Puan dengan Chairwoman of the Federation Council of the Russian Federation Valentina Matviyenko.

"Saya juga mengapresiasi minat Rusia untuk terlibat dalam pengembangan Ibu Kota Negara atau IKN," ujar Puan saat bertemu Valentina di sela-sela perhelatan the 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20), dikutip dari siaran pers, Kamis (6/10/2022).

Pada perbincangan tersebut, Puan mengatakan bahwa Indonesia masih menunggu soal kelanjutan dari tawaran partisipasi Rusia di IKN Nusantara melalui Russian Railways.

Selain berbincang soal hubungan dan kerja sama bilateral kedua negara, Puan dan Valentina juga ikut membahas soal dampak perang Rusia dan Ukraina.

Adapun, tawaran Putin untuk IKN pertama kali mencuat saat lawatan Jokowi ke Rusia. Putin menyebut adanya potensi kerja sama dengan Indonesia untuk mengembangkan infrastruktur transportasi dan logistik di IKN Nusantara.

Dia menyebut Russian Railways bisa ikut berpartisipasi dalam memindahkan IKN dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

Untuk diketahui, perusahaan asal Rusia itu sebelumnya sudah sempat masuk ke Kalimantan Timur untuk mengembangkan transportasi perkeretaapian. Namun, proyek tersebut terhenti saat tahapan uji kelayakan lahan.

"Ibu Kota Rusia, Moskow, yang telah berkembang dengan laju yang baik dan peningkatan yang berkualitas, bisa ikut berpartisipasi dalam proyek ambisius ini [pemindahan IKN]," kata Putin di Istana Kremlin, Juli 2022 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

puan maharani Rusia IKN ibu kota negara
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top