Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Temui Dubes Korsel, Airlangga Harap Implementasi IKCEPA Bisa Dilakukan di 2023

Implementasi IKCEPA diharapkan dapat dilakukan pada Januari 2023.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 05 Oktober 2022  |  17:25 WIB
Temui Dubes Korsel, Airlangga Harap Implementasi IKCEPA Bisa Dilakukan di 2023
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan kepada media terkait peningkatan produsi kedelai nasional, Senin (19/9/2022). JIBI - Bisnis/Akbar Evandio
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Implementasi Indonesia Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IKCEPA) diharapkan dapat dilakukan pada Januari 2023 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri peringatan “Korean National Foundation Day 2022” di The Westin Jakarta Hotel, Selasa lalu (4/10/2022) yang dihadiri Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-sung.

“Saya berharap implementasi perjanjian IKCEPA ini dapat dilakukan pada Januari 2023,” katanya  dalam siaran pers, dikutip Rabu (5/10/2022).

Sebagaimana diketahui, kedua negara telah berhasil menyelesaikan ratifikasi Indonesia Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IKCEPA) dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) Agreement.

Di Indonesia, perjanjian tersebut telah mendapatkan persetujuan DPR RI. Dalam sidang paripurna pada 30 Agustus lalu, DPR telah mengesahkan RUU tentang Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional ASEAN plus (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP)’ dan ‘Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Korea (Indonesia–Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement/IK–CEPA)’ menjadi Undang-Undang (UU)

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sebelumnya menyampaikan, Indonesia akan lebih mudah melakukan ekspor dengan disahkanya RCEP dan IKCEPA. Selain itu, adanya perjanjian tersebut dapat memberikan manfaat bagi perekonomian Indonesia.

Pasalnya, barang-barang dari luar negeri selama ini sangat mudah masuk ke Indonesia namun Indonesia sulit untuk melakukan ekspor.

“Dengan adanya perjanjian itu, kami jadi mudah, pajaknya jadi zero,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenko perekonomian menko perekonomian airlangga hartarto IKCEPA korea selatan
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top