Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Mencairkan Bansos BSU 2022 via Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI

Kabar baik, bagi Anda yang memiliki gaji kurang dari Rp3,5 juta, maka bisa mencairkan bansos dari pemerintah melalui bank-bank di bawah ini.
Tampilan situs bsu.kemnaker.go.id untuk mengecek status penerima bantuan subsidi upah (BSU) Rp600.000
Tampilan situs bsu.kemnaker.go.id untuk mengecek status penerima bantuan subsidi upah (BSU) Rp600.000

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi yang sudah terdaftar dalam program bansos BSU 2022, maka bisa mencairkan subsidi upah melalui Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN.

Adapun bansos BSU 2022 hanya dapat diberikan oleh pemerintah kepada pekerja/buruh senilai Rp600.000 melalui bank Himbara, seperti BNI, BTN, Mandiri, dan BRI.

Apabila Anda merupakan seorang pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan, Anda dapat mendaftarkan diri untuk ikut mendapatkan bantuan dana dari pemerintah tersebut.

Ini syarat yang wajib dipenuhi untuk mendaftar BSU 2022 berikut.

- Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan data identitas kepemilikan NIK (Nomor Induk Kependudukan) 

- Peserta aktif jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juli 2022 

-  Gaji atau upah yang didapatkan sebanyak Rp3,5 juta, pekerja atau buruh yang bekerja di wilayah dengan minimum upah provinsi atau kabupaten/kota. 

- Tidak diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun anggota TNI-Polri.

- BSU ini berlaku secara nasional serta diprioritaskan bagi para pekerja/buruh yang tidak menerima program bantuan sosial apapun seperti Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan (PKH),  dan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro pada tahun berjalan.

Cara cek penerima BSU 2022:

1. Buka laman kemnaker.go.id

2. Daftarkan akun. Apabila  Anda belum memiliki akun,  segeralah lakukan pendaftaran terlebih dahulu. 

3. Lengkapi pendaftaran akun. Kode OTP akan dikirimkan ke nomor handphone Anda untuk proses aktivasi akun, untuk itu pastikan nomor yang dicantumkan masih dalam keadaan aktif.

4. Login ke akun Anda

5. Lengkapi profil data diri Anda.  Biodata yang harus diisi berupa identitas, status pernikahan, tipe lokasi, hingga foto profil Anda.

6. Cek notifikasi

7. Kemudian, Anda akan memperoleh notifikasi yang akan berisi mengenai status penerima subsidi upah, seperti sudah terdaftar sebagai calon penerima BSU atau tidak, serta menunjukkan pemenuhan syarat hingga  notifikasi mengenai penyaluran dana kepada penerima bantuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ileny Rizky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper