Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 5 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Ada Indonesia!

Indonesia menjadi negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia. Tercatat produksi kopi dari dalam negeri mencapai 12,1 juta karung pada tahun 2020. 
Negara penghasil kopi
Negara penghasil kopi

Bisnis.com, JAKARTA - Kopi merupakan minuman favorit untuk dikonsumsi oleh Sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, saat ini menjamur berbagai coffee shop dengan berbagai cara pengolahan dan variasinya. Masyarakat Indonesia juga perlu berbangga, karena ternyata Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia yang menempati urutan ke empat. 

Hal tersebut berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) pada tahun 2020. Lebih dari 70 negara di dunia memproduksi kopi, akan tetap mayoritas output global berasal dari lima negara sebagai produsen teratas. 

Berikut ini beberapa negara penghasil kopi terbesar di dunia yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Brazil

Negara yang berada di benua Amerika ini mampu menghasilkan kopi hingga 63,4 juta karung berukuran 60 kilogram pada tahun 2020. Luas perkebunan kopi di negara ini sekitar 27.000 kilometer persegi yang tersebar di Minas Gerais, Sao Paulo dan Paraná. Yang membedakan Brazil dibandingkan penghasil kopi lainnya yaitu dari caranya mengolah kopi. Brazil biasanya mengeringkan kopi di bawah sinar matahari langsung tanpa dicuci sehingga cita rasanya menjadi ciri khas. 

Selain menghasilkan kopi terbanyak, Brazil juga menduduki posisi pertama sebagai negara dengan konsumsi kopi terbanyak di dunia. Organisasi Kopi Internasional menyebutkan bahwa tahun 2015/2016 jumlah konsumsi kopi di negara ini sebanyak 20,5 juta karung berukuran 60 kg. 

2. Vietnam

Negara menghasilkan kopi hingga 29 juta karung pada tahun 2020. Vietnam dikenal dengan biji kopi robustanya yang murah. Perlu diketahui bahwa, kopi jenis robusta ini mengandung kafein dua kali lebih banyak dibandingkan arabika. Jika kamu menyukai kopi dengan cita rasa pahit yang dominan, robusta bisa menjadi pilihan. 

3. Indonesia

Indonesia mampu menghasilkan kopi sebanyak 11,95 juta karung pada tahun 2020. Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah produksi kopi di Indonesia pada tahun 2021 lalu mencapai 774,60 ribu ton. BPS juga menyebutkan bahwa Sumatera Selatan menjadi provinsi dengan produksi kopi terbesar sepanjang 2021. Jumlah kopi yang diproduksi provinsi ini mencapai 201,40 ribu ton. 

Sama seperti Brazil, Indonesia juga termasuk konsumen kopi terbanyak di dunia. Jumlah konsumsi kopi di negara kita terus bertambah hingga periode 2018/2019. Tidak hanya memproduksi dan mengkonsumsi, Indonesia juga turut menjual kopi ke luar negeri. Indonesia bahkan disebut sebagai negara pengekspor kopi terbesar. BPS mencatat beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor kopi Indonesia pada tahun 2021 antara lain Amerika serikat, Spanyol, Malaysia dan Jepang.

4. Uganda

Uganda diketahui mampu menghasilkan kopi sebanyak 6,1 juta karung pada tahun 2020. Angka tersebut membuat negara ini menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Banyaknya kopi yang dihasilkan negara ini salah satunya dipicu dari jumlah petani kopi yang ada di Uganda. 

Organisasi Kopi Internasional menyebutkan bahwa jumlah petani kopi di Uganda pada tahun 2019 terbesar kedua setelah Ethiopia. Uganda memiliki populasi petani kopi mencapai 1,7 juta petani. 

5. Meksiko

Negara ini mampu menghasilkan kopi selama tahun 2020 sebanyak 4 juta karung. Selain mampu memproduksi kopi dalam jumlah yang besar, Meksiko juga termasuk konsumen kopi terbanyak di dunia. Organisasi Kopi Internasional pada tahun 2019 menyebutkan bahwa negara ini berada di posisi keempat setelah Filipina sebagai negara konsumen kopi terbanyak di dunia. 

Itulah beberapa negara penghasil kopi terbesar di dunia, sebagai bangsa indonesia kita patut bangga karena indonesia masuk dalam negara penghasil kopi terbesar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper