Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dapat PMN Rp1,25 Triliun, Waskita (WSKT) Kebut Tol Bocimi dan Cimanggis–Cibitung

Waskita Karya (WSKT) mengebut pengerjaan tol Bocimi dan tol Cimanggis-Cibitung usai mendapat suntikan PMN Rp1,25 triliun.
Aktivitas pembangunan Jalan tol Bogor, Ciawi dan Sukabumi (Bocimi) di kawasan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/8)./ANTARA-Yulius Satria Wijaya
Aktivitas pembangunan Jalan tol Bogor, Ciawi dan Sukabumi (Bocimi) di kawasan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/8)./ANTARA-Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - PT Waskita Karya (WSKT) mempercepat pengerjaan proyek ruas tol Bogor - Ciawi - Sukabumi Seksi 2 (Bocimi) dan ruas Cimanggis - Cibitung Seksi 2 yang ditargetkan selesai pada akhir 2022.

Waskita mempercepat pengerjaan kedua proyek infrastruktur jalan tol tersebut usai disuntik dana Penyertaan Modal Negara (PMN) 2021 senilai Rp1,25 triliun. Ruas tol Bocimi mendapat alokasi PMN senilai Rp637 miliar, sedangkan ruas tol Cimanggis-Cibitung mendapat alokasi PMN Rp622 miliar.

SVP Corporate Secretary Perseroan Novianto Ari Nugroho mengatakan ruas tol Bocimi merupakan bagian dari strategi pemerintah untuk meningkatkan aksesibilitas kawasan dan distribusi lalu lintas antara Kota Jakarta dan Sukabumi.

"Ruas tol ini terletak pada Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) Sukabumi yang termasuk dalam kawasan pengembangan wilayah dan berkaitan erat dengan upaya penyediaan infrastruktur transportasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah di sekitarnya, pusat kegiatan industri, simpul transportasi, dan pusat jasa publik dengan skala beberapa kabupaten," kata Novianto, Senin (19/9/2022).

Novianto menyampaikan kehadiran ruas tol Bocimi dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Di sisi lain, ruas tol Cimanggis-Cibitung yang terbentang sepanjang 26,18 Km merupakan bagian dari JORR II sebagai jalan lingkar luar untuk mengatasi beban over load JORR I yang terbentang sepanjang 110 Km dari Cengkareng-Kunciran-Serpong-Cinere-Jagorawi-Cimanggis-Cibitung-Cilincing.

Ruas tol Cimanggis-Cibitung diproyeksi dapat mempermudah mobilisasi kendaraan dari Jawa Barat ke Kota Jakarta dan sebaliknya. Selain itu, akses jalan ini merupakan bagian dari rencana pengembangan sub pusat perkotaan seperti Kota Mandiri BSD, Cinere, Cimanggis, Cileungsi, Seru, dan Tambun/Cikarang.

Kedua ruas jalur tersebut dapat melancarkan kegiatan logistik yang dapat meningkatkan pengembangan wilayah dan pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional. Namun, Novianto memastikan kedua tol ini akan rampung di akhir tahun 2022.

"Untuk ruas tol Bocimi penyelesaian pembangunannya masih membutuhkan tambahan alokasi dana PMN 2022, tapi dipastikan tetap akan rampung pada Desember 2022. Sementara untuk ruas tol Cimanggis - Cibitung juga akan selesai akhir tahun ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Novianto mengaku optimistis penyelesaian kedua ruas tol tersebut dapat dikebut. Pasalnya, Waskita Toll Road telah melakukan share swap 55 persen kepemilikan sahamnya di ruas tol Cimanggis-Cibitung kepada PT Sarana Multi Infrastruktur untuk mempercepat penyelesaian sekaligus operasional seluruh segmen ruas toltersebut pada 2023 mendatang.

Sebagai informasi, progres Ruas Tol Bocimi Seksi 2 yang diserahkan melalui anak usaha Waskita Karya yaitu PT Waskita Toll Roas (WTR) kepada PT Trans Jabar Tol (TJT) telah mencapai 86,22 persen pada segmen Cigombong-Cibadak.

Sementara itu, progres Ruas Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A melalui PT Cimanggis Cibitung Toll Ways (CCT) telah mencapai progres 86,87 persen pada segmen Jatikarya-Cikeas yang diproyeksi akan selesai pada Januari 2023 dan beroperasi pada Desember 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper