Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Kenaikan BBM, Harga Cabai Terkerek Naik

Harga pangan seperti cabai pada hari ini, Jumat (9/9/2022) kembali mengalami tren kenaikan imbas kenaikan harga BBM.
Pedagang cabai melayani pembeli di salah satu pasar di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Eusebio Chysnamurti
Pedagang cabai melayani pembeli di salah satu pasar di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Eusebio Chysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Harga berbagai cabai dalam minggu awal September 2022 terpantau fluktuatif seiring dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Berdasarkan laporan di Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) hari ini, Jumat (9/9/2022) pukul 14.00 WIB, harga cabai merah mulai turun sementara cabai rawit masih mengalami tren kenaikan.

Harga cabai merah keriting mulai turun hari ini dibandingkan kemarin dari angka Rp73.150 menjadi Rp72.350 per kilogram (kg). Sementara cabai merah besar mengalami penurunan Rp150 menjadi Rp65.950 per kg.

Harga cabai rawit justru masih mengalami tren kenaikan. Cabai rawit merah naik Rp400 menjadi Rp65.200/kg, sedangkan cabai rawit hijau naik Rp200 menjadi Rp52.750/kg.

Kementerian Perdagangan mencatat adanya kenaikan terhadap komoditas tersebut akibat beberapa hal seperti pasokan yang menurun hingga naiknya harga BBM khususnya jenis Solar yang semula Rp5.150 menjadi Rp6.800 per liter.

Terpantau pada minggu ini berdasarkan laporan Kemendag, pasokan cabai di 20 pasar induk berada di level 5 persen di bawah normal.

Plt. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra menyampaikan bahwa para petani cabai menjelang naiknya BBM kesulitan memperoleh solar. Jika pun tersedia, harganya tinggi seperti terjadi yang dialami petani di Banyuwangi dan Kediri yang merupakan sentra produksi cabai.

“Memang kenaikan bahan bakar juga berdampak pada kenaikan beberapa harga bahan pokok. Sekarang sudah bergerak. Ada cabai. Memang beberapa hari lalu itu rupanya karena ada isu BBM naik, transportasinya naik duluan. Kedua dari sentra produksi tidak mudah dapat solar, ada antre 4 jam, antre semalaman,” ujarnya, Kamis (8/9/2022).

Bila melihat fluktuasi harga cabai dalam sepekan, cabai merah menjadi jenis yang mengalami kenaikan tertinggi, yaitu 13 persen atau sebesar Rp8.800. Terpantau pada Jumat (2/9/2022) harga cabai merah keriting di posisi Rp63.550, dan pada hari ini di angka Rp72.350 per kg.

Sementara untuk di daerah Jakarta, berdasarkan Info Pangan Jakarta pada hari ini harga cabai merah keriting sebesar Rp81.534 per kg secara rata-rata pasar tradisional. Untuk cabai merah besar Rp77.175/kg.

Cabai rawit merah di angka Rp63.651 per kg dan cabai rawit hijau berada di posisi terendag dari jenis cabai lainnya, yaitu Rp54.116/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper