Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BBM Naik, INSA: Tarif Pelayaran Penumpang Perlu Disesuaikan

INSA berharap tarif pelayaran penumpang perlu disesuaikan secepatnya imbas BBM naik.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 06 September 2022  |  15:45 WIB
BBM Naik, INSA: Tarif Pelayaran Penumpang Perlu Disesuaikan
Kapal berlabuh di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. - JIBI/Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesian National Shipowners' Association (INSA) berharap pemerintah bisa melakukan penyesuaian tarif angkutan pelayaran penumpang secepatnya terkait dengan harga BBM naik.

Ketua DPP INSA Carmelita Hartoto mengatakan penaikan harga BBM subsidi bakal berdampak langsung terhadap pelayaran angkutan penumpang.

"Idealnya saat ada kenaikan BBM, maka langsung ada penyesuaian tarif untuk angkutan penumpang jarak pendek secepatnya karena beban kenaikan BBM cukup besar," ujarnya, Senin (5/9/2022).

Dia menuturkan untuk pelayaran sektor angkutan penumpang yang melayani jarak dekat, selama ini tarif angkutannya ditentukan oleh pemerintah. Pemerintah bisa segera melakukan penyesuian tarif untuk pelayaran penumpang jarak dekat.

Menurutnya, sudah pasti beban operasional bagi angkutan pelayaran penumpang semakin berat seiring kenaikan harga BBM. Adapun, dalam struktur biaya operasional, bahan bakar menyumbang 40 persen -50 persen terhadap total biaya operasi pelayaran.

Bagi pelayaran penumpang jarak jauh, Carmelita meminta para operator pelayaran melihat potensi dan mekanisme pasar yang berlaku di tiap lokasi pelayaran, agar tetap kompetitif namun juga harus mengutamakan keselamatan penumpang.

"Untuk pelayaran penumpang jarak jauh kita harap mereka bisa tetap memberikan layanan terbaik, dan mengutamakan faktor keselamatan," ujarnya.

Untuk kenaikan harga BBM non subsidi yang selalu fluktuatif seperti yang dipublikasikan Pertamina setiap 15 hari, sambung Carmelita, maka pelaku usaha menerapkan fuel surcharge.

Selain terhadap pelayaran, dampak kenaikan BBM ini juga berdampak terhadap kenaikan ongkos trucking dan transportasi dan biaya kepelabuhanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

insa -indonesian national shipowners association (insa) pelayaran Harga BBM BBM
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top