Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HSBC dan Temasek Dirikan Pentagreen Capital, Siap Kucurkan Pembiayaan ke Infrastruktur Hijau

Pentagreen berupaya masuk melalui skema blended finance terhadap proyek-proyek terkait hijau dan penyimpanannya, serta proyek pengelolaan air dan limbah.
 Gedung HSBC di London, Inggris, Rabu (8/8/2018)./Reuters-Hannah McKay
Gedung HSBC di London, Inggris, Rabu (8/8/2018)./Reuters-Hannah McKay

Bisnis.com, JAKARTA - HSBC Holdings PLC dan Temasek resmi meluncurkan Pentagreen Capital, membidik pembiayaan proyek-proyek infrastruktur berkelanjutan atau infrastruktur hijau di Asia, terutama Asia Tenggara (Asean).

Pentagreen berupaya masuk melalui skema blended finance terhadap proyek-proyek terkait transportasi hijau, energi terbarukan dan penyimpanannya, serta proyek pengelolaan air dan limbah. Transaksi terkait proyek adaptasi iklim, pertanian, dan solusi berbasis teknologi, turut dipertimbangkan di masa depan.

Marat Zapparov akan ditunjuk sebagai Chief Executive Officer (CEO) Pentagreen Capital, dengan harapan membawa pengalamannya mengelola investasi di sektor infrastruktur dan energi ketika berkarir di International Finance Corporation.

"Saya bersemangat untuk memimpin perusahaan yang dibentuk oleh dua institusi kelas dunia yang berkomitmen ikut memperluas tujuan dari Paris Agreement terhadap infrastruktur di Asia," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (30/8/2022).

Ke depan, Marat menyebut dengan kekuatan ekuitas US$150 juta dari kedua pendiri, Pentagreen juga berupaya mempopulerkan skema blended finance skala besar, dan membidik penyaluran pinjaman menyentuh US$1 miliar dalam lima tahun mendatang.

"Pentagreen akan berposisi sebagai sumber pembiayaan alternatif berperan mempercepat pembangunan proyek-proyek infrastruktur berkelanjutan di Asia. Kami berupaya mengisi gap antara pembiayaan infrastruktur konvensional dari bank atau investor tradisional, dalam rangka memberikan aliran modal ke proyek-proyek inovatif secara lebih fleksibel," tambahnya.

Adapun, Pentagreen juga telah menggandeng Asian Development Bank sebagai mitra strategis, yang akan memberikan pengalaman dan dukungan teknis lewat kehadirannya di negara-negara di seluruh kawasan.

Selain itu, Pentagreen juga bekerja sama dengan Clifford Capital Holdings dari Singapura, yang memiliki fokus pada solusi pembiayaan jangka panjang untuk proyek-proyek berkelanjutan, serta memiliki posisi unik untuk menyediakan pakar-pakar keuangan proyek berkelanjutan sekaligus dukungan operasionalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper