Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Curhat Pelanggan PLN Viral di Twitter, Didenda Rp41 Juta Karena Ini

Seorang pelanggan PT PLN (Persero) mengeluh di Twitter karena telah ditagih denda senilai Rp41 juta karena dituduh melakukan pencurian listrik.
Warga melakukan pengisian listrik prabayar di Rumah Susun Benhil, Jakarta, Senin (14/2/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga melakukan pengisian listrik prabayar di Rumah Susun Benhil, Jakarta, Senin (14/2/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Seorang pelanggan PT PLN (Persero) mengaku ditagih denda senilai Rp41 juta karena dituduh melakukan pencurian listrik dengan memutus segel meteran listrik di rumahnya.

Pelanggan yang bernama Joy itu menyampaikan keluhannya lewat akun Twitter pribadinya @sapphicoak, Rabu (24/8/2022). Dalam cuitannya, dia menjelaskan kronologi dan titik permasalahan hingga akhirnya PLN menagih denda Rp41 juta. 

"Datang-datang menuduh bahwa rumah gue melakukan pencurian listrik, segelnya putus. Lalu bertanya kenapa listrik di rumah gue dr 1.8 Juta/bulan jadi 500 ribu perbulan," tulisnya di Twitter dikutip Kamis (25/8/2022).

Dia menjelaskan, sebelumnya tagihan listrik di rumahnya memang mencapai Rp1,8 juta per bulan, lantaran dihuni oleh keluarga besar yakni ada kakek, nenek, hingga tantenya. Adapun penggunaan listrik juga besar seperti adanya dua water heater, 2 AC, 3 kulkas, dan 2 televisi yang menyala 10 jam per hari.

"Ketika gue di Indonesia 2 tahun lalu, tagihan 1.4 juta/bulan krn gue gak ngotak pake AC nya. Sekarang tagihan cuma 500 ribu/bulan karena ya mak gue cm berdua sama mbak ART. Gak pake AC. Kulkas pun cuma satu. Wajar dong," keluhnya.

Masih dalam cuitannya, Joy mengatakan bahwa petugas PLN yang mendatangi rumahnya turut membawa petugas polisi lengkap dengan surat-suratnya. Alhasil, hal tersebut membuat keluarganya bingung harus melakukan apa.

Dia mengaku heran dengan tuduhan rumahnya melakukan pemutusan segel meteran. Pasalnya, rumah tersebut telah dibangun sejak tahun 1990-an. Setiap bulannya, petugas PLN juga rutin melakukan pengecakan meteran karena listriknya pasca bayar.

"Trus skrg basis @_pln_id mau denda gue 41 juta ini apa? Segel putus? Bukti kita yang mutusin mana? Pencurian listrik? Gila kali lo. Mak gue ntn youtube aja gak ngerti," ketusnya.

"Yang anehnya adalah PASCA BAYAR kan akan didatengi setiap bulan oleh petugas untuk dicatet meterannya kan? Mereka sudah melakukan itu dr gue umur 12 tahun sampe skrg gue di umur 28. Kenapa tiba2 SEGEL GUE PUTUS? Tuduhan nya dari mana?," tambah Joy.

Adapun Bisnis sudah mencoba meminta klarifikasi perihal laporan ini ke PLN, tetapi sampai berita ini ditulis, PLN belum memberikan tanggapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper