Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bandara Kertajati Layani Penerbangan Umrah, Ini Persiapan AP II

PT Angkasa Pura II (AP II) mempersiapkan Bandara Kertajati untuk melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi umrah pada November 2022.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 20 Agustus 2022  |  18:35 WIB
Bandara Kertajati Layani Penerbangan Umrah, Ini Persiapan AP II
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyiapkan fasilitas keamanan dan pelayanan di Bandara Kertajati yang akan melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi umrah pada November 2022.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan dengan adanya penerapan zonasi penerbangan umrah dari Bandara Kertajati oleh Kementerian Agama (Kemendag), diproyeksikan potensi jemaah umrah mencapai 40.000 orang pada periode Januari-Mei 2023.

“Seluruh fasilitas keamanan dan pelayanan di Bandara Kertajati dipastikan siap untuk melayani penerbangan umrah mulai November 2022,” ujar Awaluddin, Sabtu (20/8/2022).

Dia menuturkan AP II selaku operator Bandara Kertajati bersama stakeholder lainnya termasuk Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina akan berkolaborasi untuk memastikan penerbangan umrah berjalan lancar.

Awaluddin menjelaskan Bandara Kertajati juga dilengkapi fasilitas sisi udara yang mampu melayani pesawat berbadan lebar (wide body) untuk mendukung operasional penerbangan umrah.

Adapun, dengan dibukanya Bandara Kertajati selain dapat mempermudah jemaah umrah juga sangat mendukung operasional Bandara Soekarno-Hatta. Jemaah umrah asal Jawa Barat atau Jawa Tengah dapat langsung terbang dari Bandara Kertajati, tidak perlu lagi ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Ini sangat mendukung konsep Multi-airport System yang diterapkan AP II untuk memastikan penerbangan terdistribusi dengan baik di kedua bandara tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap pesawat umrah yang berangkat dari Bandara Kertajati bisa melakukan penerbangan langsung (direct flight) ke Arab Saudi.

Dengan adanya penerbangan umrah ini diharapkan adanya penerbangan feeder dari daerah lain, seperti Kalimantan - Kertajati - Jeddah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati kertajati umrah angkasa pura ii
Editor : Rio Sandy Pradana

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top