Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Digitalisasi Pasar 1 Juta UMKM, Zulkifli Hasan: Pakai Platform Digital

Mendag Zulkifli Hasan menilai platform digital menjadi upaya untuk penerapan digitalisasi di 1.000 Pasar Rakyat dan 1 juta UMKM.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 19 Agustus 2022  |  08:40 WIB
Digitalisasi Pasar 1 Juta UMKM, Zulkifli Hasan: Pakai Platform Digital
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/7/22) pagi - BISNIS - Annasa Rizki Kamalina.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan digitalisasi pasar melalui lokapasar (marketplace) dapat lebih efisien dan meningkatkan omzet pedagang. Kementerian Perdagangan sendiri pada tahun ini menargetkan penerapan digitalisasi di 1.000 Pasar Rakyat dan 1 juta usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di seluruh Indonesia.

Selain bekerja sama dengan lokapasar seperti Grab Mart, target tersebut diwujudkan melalui beberapa kerja sama dan kolaborasi nyata dengan berbagai pemangku kepentingan seperti dengan Bank Indonesia melalui Program Transaksi Nontunai Sehat, Inovatif, Aman, Pakai (SIAP) Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Tidak bisa dipungkiri, platform digital itu penting untuk mempertemukan penjual dan pembeli agar lebih mudah, efisien, omzetnya naik, dan banyak untung," kata Zulhas dalam keterangan resmi, Jumat (19/8/2022).

Zulhas berharap digitalisasi perdagangan yang dilakukan di pasar rakyat dan pelaku UMKM menjadi salah satu upaya untuk membangkitkan perekonomian di daerah dan meningkatkan omzet pedagang pasar.

Selain itu, dapat membantu menjaga stabilisasi harga barang kebutuhan pokok serta mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan pascapandemi. Dengan jumlah lebih dari 64 juta unit, UMKM Indonesia memiliki potensi untuk mengakselerasi transformasi digital sektor perdagangan dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Ketum PAN itu juga mengimbau pengelola pasar dan dinas yang membidangi perdagangan di daerah untuk turut menyosialisasikan dan mendorong program digitalisasi pasar rakyat kepada pengelola pasar dan pedagang pasar. Tujuannya, untuk mempercepat program digitalisasi pasar rakyat di Indonesia. "Kita akan membina pasar agar bekerja sama dengan platform digital melalui pelatihan," imbuh Zulhas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendag mendag zulkifli hasan umkm
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top