Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi: Tahun Depan Pemerintah Siapkan Anggaran Pendidikan Rp608,3 Triliun

Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah menyiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp608,3 triliun atau 20 persen dari belanja negara dalam RAPBN 2023.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  15:33 WIB
Jokowi: Tahun Depan Pemerintah Siapkan Anggaran Pendidikan Rp608,3 Triliun
Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah menyiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp608,3 triliun atau 20 persen dari belanja negara dalam RAPBN 2023. ANTARA FOTO - Galih Pradipta
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pemerintah menyiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp608,3 triliun. Jumlah ini setara dengan 20 persen dari belanja negara dalam RAPBN 2023.

"Untuk peningkatan produktivitas dan kualitas SDM, disiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp608,3 triliun," katanya saat menyampaikan Pidato Presiden Republik Indonesia Pengantar RAPBN 2023 dan Nota Keuangannya di Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Jokowi menambahkan, pemerintah harus mampu memanfaatkan bonus demografi dan siap menghadapi disrupsi teknologi. Untuk itu, Kepala Negara menilai Indonesia harus menyiapkan sumber daya manusia yang produktif, inovatif, dan berdaya saing global dengan tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila, berakhlak mulia, dan menjaga jati diri budaya bangsa.

Adapun, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia ditekankan pada lima hal. Pertama, peningkatan akses pendidikan pada seluruh jenjang pendidikan. Kedua, peningkatan kualitas sarana prasarana penunjang kegiatan pendidikan, terutama di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T).

Upaya ketiga, yakni penguatan link and match dengan pasar kerja. Keempat, pemerataan kualitas pendidikan, dan kelima adalah penguatan kualitas layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Secara keseluruhan, Jokowi menjelaskan belanja negara dalam RAPBN 2023 direncanakan sebesar Rp3.041,7 triliun. Belanja negara ini terdiri dari belanja pemerintah pusat sebesar Rp2.230,0 triliun serta transfer ke daerah senilai Rp811,7 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi RAPBN pendidikan Nota Keuangan APBN 2023 anggaran pendidikan
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top