Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Pastikan Tak Semua Tarif Destinasi Wisata Naik

Menparekraf Sandiaga Uno memastikan tidak semua destinasi pariwisata akan mengalami kenaikan tarif.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. /Bisnis.com-Janlika
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. /Bisnis.com-Janlika

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan tidak semua destinasi pariwisata akan mengalami kenaikan tarif.

Hal itu disampaikan Sandiaga Uno untuk menanggapi rencana kenaikan tarif Candi Borobudur dan Taman Nasional Komodo yang dilakukan untuk membatasi pengunjung demi mendukung konservasi destinasi tersebut.

"Tapi harapannya tentu bukan berarti semua akan dinaikkan tarifnya, tapi justru harus ada kajian pembatasannya seperti apa dan bagaimana kita juga bisa memberikan layanan yang lebih baik kepada para wisatawan," kata Sandiaga dalam Weekely Press Briefing yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (15/8/2022).

Sandiaga mengakui saat ini pemerintah tengah mengedepankan pariwisata berbasis kualitas dan berkelanjutan (quality and sustainability).

"Artinya, semua destinasi wisata harus memiliki kedua aspek tersebut," ujarnya.

Menurut Sandiaga, aspek kualitas dan keberlanjutan destinasi wisata menjadi fokus utama pemerintah demi mendukung konservasi dan ekonomi di sektor pariwisata.

Dia pun mengajak seluruh pengelola destinasi wisata untuk bisa mendukung pariwisata berbasis kualitas dan keberlanjutan.

"Bagaimana agar kita bisa mengembangkan ke depannya sehingga upaya konservasi dan peningkatan ekonomi ini bisa berjalan secara beriringan," katanya.

Sebelumnya, pada Juni lalu, pemerintah sempat mengumumkan kenaikan tarif masuk Candi Borobudur sebesar Rp750.000 bagi WNI dan US$100 bagi turis asing untuk membatasi jumlah wisatawan yang masuk hanya sebanyak 1.200 orang per hari. Rencana tersebut diprotes banyak pihak hingga akhirnya dibatalkan.

Sebulan kemudian, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengumumkan akan memberlakukan harga tiket masuk Taman Nasional (TN) Komodo sebesar Rp3,75 juta.

Rencana itu sempat membuat gaduh karena pelaku wisata di Labuan Bajo melakukan aksi mogok sebagai bentuk protes atas kebijakan tersebut. Hingga akhirnya, pekan lalu Pemprov NTT menunda kenaikan tarif hingga 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper