Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jarak Tempuh Tarif Minimal Ojek Online Gojek-Grab Naik Jadi 5 Km

Kemenhub meningkatkan jarak tempuh tarif minimal ojek online (ojol) Gojek dan Grab menjadi 5 km.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 09 Agustus 2022  |  15:02 WIB
Jarak Tempuh Tarif Minimal Ojek Online Gojek-Grab Naik Jadi 5 Km
Warga mengorder ojek online di Jakarta. - Bisnis/Abdurahman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meningkatkan batas jarak tempuh untuk tarif ojek online (ojol) minimal yang dibayarkan penumpang dari 4 kilometer (km) menjadi 5 km.

Berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan No. KP 564/2022 yang dikutip, Selasa (9/8/2022), biaya jasa minimal sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA huruf c merupakan biaya jasa minimal yang harus dibayarkan oleh penumpang untuk jarak tempuh paling jauh 5 km.

Pada regulasi sebelumnya, yakni KM No.KP 348/2019, biaya jasa minimal yang harus dibayarkan oleh penumpang untuk jarak tempuh paling jauh 4 km.

Tak hanya itu, regulasi baru ini juga mengubah lama waktu evaluasi besaran biaya jasa ojek online. Pada KM No.KP 564/2022, besaran biaya jasa dapat dievaluasi paling lama setiap satu tahun.

Evaluasi juga dapat dilakukan saat terjadi perubahan yang sangat berpengaruh seperti perubahan terhadap biaya pokok lebih dari 20 persen.

"Untuk menjamin kelangsungan penggunaan sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat yang dilakukan dengan aplikasi, besaran biaya jasa dapat dievaluasi paling lama setiap 1 tahun atau terjadi perubahan yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha yang mengakibatkan perubahan biaya pokok lebih dari 20 persen," demikian dikutip Bisnis.com dari regulasi tersebut.

Sebelumnya, regulasi terkait dengan ojek online yang lama mengatur bahwa lama waktu evaluasi besaran biaya jasa ojek online dapat dilakukan paling lama setiap tiga bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ojek Online Gojek Ojek Kemenhub tarif ojol
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top