Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Negara dengan Utang Luar Negeri Terbesar 2022, Indonesia Masuk?

Berikut daftar 10 negara dengan total utang luar negeri terbesar, berdasakan data World Bank's Quarterly External Debt Statistics SDDS kuartal I/2022.
ILUSTRASI dolar AS. Daftar 10 Negara dengan Utang Luar Negeri Terbesar 2022, Indonesia Masuk?/ ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
ILUSTRASI dolar AS. Daftar 10 Negara dengan Utang Luar Negeri Terbesar 2022, Indonesia Masuk?/ ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Maritim (Menko Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan sesumbar utang luar negeri Indonesia yang tercatat di kisaran Rp7.000 triliun merupakan salah satu yang terkecil di dunia. Benarkah demikian? 

Utang luar negeri merupakan total modal yang terutang kepada kreditur di luar perbatasan suatu negara. Debitur yang dimaksud dapat berupa pemerintah, perusahaan dan warga negara, sementara kreditur termasuk pemerintah, bank komersial dan lembaga keuangan internasional seperti Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF).

Tingkat utang luar negeri yang tinggi menimbulkan risiko yang lebih besar daripada utang dalam negeri. Pasalnya pembayaran dalam mata uang asing, seperti dolar AS, lebih rentan terhadap guncangan nilai tukar.

Melansir Global Finance pada Selasa (9/8/2022), banyak ekonom melihat akumulasi utang sebagai pajak atas hasil masa depan suatu negara, seperti investasi di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan sejenisnya tidak disarankan ketika porsi pendapatan yang terus tumbuh digunakan untuk membayar kembali kreditur.

Pasalnya, sebuah negara yang hidup terus-menerus di luar kemampuannya pada akhirnya akan menjadi tidak mampu memenuhi janji fiskalnya, gagal membayar utangnya. Ketika itu terjadi, akan lebih sulit untuk meminjam lebih banyak uang dan menggali dirinya sendiri dari krisis.

Yunani, Argentina, dan Venezuela merupakan contoh beberapa negara yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami kesulitan tersebut. Meski demikian, tanggung jawab fiskal yang buruk bukanlah satu-satunya penyebab negara gagal membayar utang.

Pada beberapa negara, ada pula yang mewarisi utang rezim sebelumnya. Banyak negara juga masih menderita akibat dampak ekonomi kolonialisme dan penyalahgunaan dana dan sumber daya mereka, yang menimbulkan hambatan besar bagi pertumbuhan dan pembangunan.

Lantas negara-negara mana saja yang memiliki utang terbanyak di 2022? Berikut daftarnya berdasakan data World Bank's Quarterly External Debt Statistics SDDS kuartal I/2022.

Daftar 10 Negara dengan Jumlah Utang Luar Negeri Terbesar 2022

Posisi Utang Luar Negeri (Bruto)

Peringkat NegaraTotal Utang (Dalam Juta US$)
1.Amerika Serikat23.930.437
2. Kawasan Euro18.223.310
3.Britania Raya9.604.078
4. Perancis7.477.454
5. Jerman6.875.863
6Jepang4.571.643
7.Belanda3.961.322
8.Italia2.750.409
9.China2.710.197
10.Spanyol2.598.803

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper