Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Agenda Prioritas G20, PT SMI Libatkan UMKM dan Industri Kreatif 

PT SMI menghelat Digital Art Competition dengan mengajak keterlibatan pelaku industri kreatif dan ilustrator untuk berkarya terkait Energi Ramah Lingkungan.
Penenun kain khas di Nusa Tenggara Timur/Dok.-PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).
Penenun kain khas di Nusa Tenggara Timur/Dok.-PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) berinisiatif melakukan kampanye dan sosialisasi kepada publik mengenai transisi energi dan transformasi digital untuk mendukung agenda prioritas Presidensi G20.

Ramona Harimurti, Head of Corporate Secretary PT SMI, menjelaskan PT SMI yang merupakan special mission vehicle (SMV) di bawah koordinasi Kementerian Keuangan RI, ditunjuk sebagai Country Platform Manager yang akan melaksanakan kebijakan yang menjadi tiga topik utama Presidensi G20.

Seperti diketahui, Presidensi G20 diselenggarakan dengan mengusung tiga topik utama yaitu transisi energi yang berkelanjutan, transformasi digital dan ekonomi, serta arsitektur kesehatan global. Indonesia meluncurkan Energy Transition Mechanism (ETM) bersamaan dengan kegiatan Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) dan Finance and Central Bank Deputies (FCBD) pada Juli 2022 lalu di Bali.

Namun, jelas Ramona, PT SMI tidak hanya menjadi pelaksana kebijakan untuk mendukung agenda prioritas Presidensi G20 tersebut.

“PT SMI juga berinisiatif melakukan kampanye dan sosialisasi kepada publik mengenai transisi energi dan transformasi digital,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Sabtu (6/8/2022).

Ramona mengatakan salah satu caranya adalah dengan menyelenggarakan Digital Art Competition yang mengajak keterlibatan para pelaku industri kreatif dan ilustrator untuk membuat karya bertemakan Energi Ramah Lingkungan.

Menurutnya, hasil karya para pemenang Digital Art Competition akan diaplikasikan dalam sebuah gambar pada produk-produk lokal yang melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ataupun para pemuda yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini. 

Sebanyak 75 pelaku UMKM akan dilatih untuk melakukan inovasi produk melalui pelatihan yang akan digelar di Bali nantinya. 

“Selain itu, juga akan dilakukan pelatihan penjualan secara digital [digital marketing] melalui platform marketplace yang diinkubasi oleh PT SMI,” ungkapnya.

Ramona mengatakan PT SMI berharap kegiatan ini tidak hanya menyasar para pelaku industri kreatif yang memiliki kemampuan menggambar digital untuk turut mengkampanyekan transisi energi, tetapi juga literasi teknologi digital kepada para pelaku UMKM, yang memiliki keterbatasan pengetahuan untuk mengemas produk secara menarik ataupun memasarkan produk secara digital sebagai alternatif media pemasaran lainnya di luar format pemasaran yang konvensional.

“Sehingga, selain para pelaku UMKM tersebut diharapkan dapat memperluas lagi pangsa pasarnya tidak hanya sebatas di wilayahnya, mereka juga mendapat kesempatan baru untuk meningkatkan penghasilan. Informasi lengkap mengenai kegiatan ini dapat dilihat di akun sosial media instagram PT SMI di @ptsmi_id atau kunjungi halaman web srupa.io,” pungkas Ramona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper