Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jadi Country Platform Transisi Energi, Begini Persiapan PT SMI

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan, secara resmi menunjuk PT SMI sebagai country platform ETM manager.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 15 Juli 2022  |  17:23 WIB
Jadi Country Platform Transisi Energi, Begini Persiapan PT SMI
Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur Edwin Syahruzad, Kepala BKF Kemenkeu Febrio N. Kacaribu, dan perwakilan Asian Development Bank dalam cara Soft Launching of Indonesias ETM Country Platform, Nusa Dua, Bali, Kamis (14/7 - 2022). Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia berkomitmen kuat dalam penanganan perubahan iklim, dan salah satunya diwujudkan dengan peluncuran Country Platform ETM (Energy Transition Mechanism) bersama Asian Development Bank (ADB) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI).

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan, secara resmi menunjuk PT SMI sebagai country platform ETM manager untuk mengelola kerangka pendanaan dan pembiayaan transisi energi di Tanah Air tersebut.

Edwin Syahruzad, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur mengaku optimistis dapat menjalankan amanah tersebut dengan baik seiring sejumlah pengalaman yang telah dimiliki SMI selama ini dan telah melakukan sejumlah persiapan untuk menjalankannya.

"PT SMI telah membentuk gugus tugas multi divisi di dalam PT SMI yang mencakup tim bisnis, tim pengembangan produk, tim hukum, tim risiko, dan tim ESS sebagai bagian dari persiapan kami untuk menerapkan dan mengelola platform ETM ini," ujarnya di Nusa Dua Bali, Jumat (15/7/2022).

Selain itu, dia mengatakan PT SMI telah memulai diskusi secara paralel dengan beberapa mitra strategis mulai dari donor/filantropi, lembaga multilateral/bilateral, dan investor untuk menjajaki kemungkinan kerjasama dan dukungan untuk platform ETM tersebut.

Pasalnya, kata dia, blended financing adalah kunci dalam mengimplementasikan platform ETM.

Edwin menerangkan peluncuran country platform ini menandai tonggak penting Indonesia sebagai bagian dari upaya mendukung transisi energi. Dia mengaku bangga karena PT SMI mendapat kepercayaan sebagai country platform manager ETM.

"Belajar dari pengalaman kami sebelumnya dalam mengelola platform blended finance terintegrasi SDG Indonesia One, kami berharap pembentukan platform ini juga akan sukses," ujarnya di sela Soft Launching of Indonesia’s ETM Country Platform, Nusa Dua, Bali, Kamis (14/7/2022).

Menurutnya, sebagai ETM country platform manager, PT SMI akan berperan meliputi; koordinasi dengan pemangku kepentingan, menyusun kajian komprehensif terkait dukungan fiskal, merumuskan konsep integrasi dukungan fiskal dan fasilitas de-risking dari sumber lain yang sah, serta melakukan langkah-langkah awal yang diperlukan untuk implementasi country platform ini.

Hal itu dilakukan dengan tujuan memberikan dukungan untuk transisi energi melalui beberapa produk, yaitu pembiayaan kembali, pembayaran berbasis kinerja, subsidi transisi energi, dan akuisisi.

Selain itu, lanjutnya, SMI juga akan mengidentifikasi mekanisme yang sesuai untuk ETM dan memberikan dukungan tidak hanya dari anggaran pemerintah tetapi juga memobilisasi pembiayaan dari mitra, misalnya ADB dan mitra potensial lain.

"Kami mendorong setiap institusi yang tertarik, untuk bergabung di sini untuk memulai diskusi dengan kami dan menjajaki kemungkinan kerjasama untuk mendukung implementasi ETM Country Platform Indonesia," ujarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menambahkan, ETM country platform adalah langkah besar yang memungkinkan peningkatan infrastruktur energi Indonesia dan transisi energi bersih secara mutlak menuju emisi nol bersih dengan cara yang terjangkau.

Pasalnya, country platform ini dibuat untuk menyediakan pembiayaan yang diperlukan guna mempercepat transisi energi nasional dengan memobilisasi sumber pendanaan komersial maupun non komersial secara berkelanjutan.

"Ini benar-benar tantangan teknis tetapi juga finansial," ujarnya.

Momentum G20

Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mengatakan bahwa peluncuran Country platform ini sangat tepat, khususnya pada awal pertemuan Presidensi G20 Indonesia.

"Ini merupakan momentum penting untuk mendorong seluruh anggota dan negara lain untuk menjalankan komitmen pembiayaan iklim mereka dengan inisiatif yang nyata dan dapat diimplementasikan," ujarnya.

ETM sendiri terdiri dari dua skema. Pertama, skema Fasilitas Pengurangan Emisi (Carbon Reduction Facility/CRF) digunakan untuk pensiun dini pembangkit listrik tenaga batu bara (PLTU) di Indonesia.

Sementara, skema Fasilitas Energi Bersih (Clean Energy Facility/CEF) ditujukan untuk mengembangkan/menginvestasikan pembangunan fasilitas energi hijau. Mekanisme ini diharapkan menjadi solusi bersama bagi masyarakat, investor, perekonomian daerah, dan lingkungan.

Menurutnya, untuk sampai pada level implementasi, pengaturan dalam mekanisme tersebut harus didefinisikan dengan baik, termasuk lembaga yang berpartisipasi, instrument pembiayaan, tantangan, dan manfaat atau kerugian keuangan dan ekonomi yang diharapkan. Terkait hal ini, country platform mengakomodasi pendekatan holistik yang dibutuhkan untuk implementasi ETM.

Country platform ETM akan menjadi salah satu deliverable nyata dalam Presidensi G20 Indonesia. Indonesia akan terus berupaya untuk menjadi contoh bagi negara lain dan berharap agar komitmen yang sama dapat diimplentasikan oleh negara dan mitra pembangunan lain di kawasan dan global”, tutup Febrio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Transisi energi ADB sarana multi infrastruktur
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top