Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Luncurkan Rencana Ambisius untuk Percepat Transisi Energi

Kementerian Keuangan menyebutkan Indonesia akan membiayai proyek percepatan transisi energi melalui pembiayaan campuran (blended finance) dengan PT SMI, filantropis, lembaga pembangunan bilateral atau multilateral, dan lembaga pembiayaan iklim.
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu/ Jaffry Prakoso-Bisnis
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu/ Jaffry Prakoso-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah meluncurkan country platform alias rencana ambisus mekanisme transisi energi (energy transition mechanism/ETM) sebagai wujud dari komitmen Indonesia dalam penanganan perubahan iklim.

ETM sendiri merupakan rencana ambisius yang mendorong peningkatan infrastruktur energi Indonesia dan mempercepat transisi energi menuju emisi nol bersih dengan cara yang adil dan terjangkau pada 2060 atau lebih cepat.

Peluncuran Country Platform untuk ETM tersebut dilakukan bersama dengan Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI).

“[Peluncuran] ini merupakan momentum penting untuk mendorong seluruh anggota dan negara lain untuk menjalankan komitmen pembiayaan iklim mereka dengan inisiatif yang nyata dan dapat diimplementasikan”, kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu, Jumat (15/7/2022).

Febrio menjelaskan, country platform untuk ETM menjadi kerangka yang menyediakan kebutuhan pembiayaan dalam mempercepat transisi energi nasional dengan memobilisasi dana yang bersumber dari publik dan swasta secara berkelanjutan.

Platform ini dan mekanisme terkait lainnya akan diturunkan dari kerangka kebijakan yang lebih luas mengenai transisi energi yang adil untuk mencapai target National Determined Contributions (NDC) dan emisi nol bersih (Net- Zero Emission/NZE).

Platform ini kata dia juga menyambut baik keterlibatan seluruh investor, termasuk ADB, Bank Dunia, Lembaga Pengelola Investasi [Indonesia National Authority/INA), Aliansi Keuangan Glasgow untuk Emisi Bersih (Glasgow Financial Alliance for Net Zero/GFANZ), dan bank pembangunan multilateral lainnya, negara, sektor swasta, dan filantropis.

Lebih lanjut, Febrio mengatakan country platform ini merupakan model yang dapat digunakan oleh negara-negara lain.

“Untuk memastikan efektivitasnya, country platform ETM dapat disesuaikan dan diadaptasi berdasarkan konteks lokalitas dan kebutuhan masing–masing negara sesuai dengan spesifikasi, prioritas, dan peraturannya,” jelasnya.

Dia menambahkan, sumber investasi country platform Indonesia akan berasal dari pembiayaan campuran (blended finance) melalui PT SMI, termasuk filantropis, lembaga pembangunan bilateral atau multilateral, dan lembaga pembiayaan iklim.

Beberapa sumber pembiayaan juga termasuk dari Aliansi Pembiayaan Glasgow Untuk Nett Zero dan SDG Indonesia One (SIO).

“Country platform ETM akan menjadi salah satu deliverable nyata dalam Presidensi G20 Indonesia. Indonesia akan terus berupaya untuk menjadi contoh bagi negara lain dan berharap agar komitmen yang sama dapat diimplementasikan oleh negara dan mitra pembangunan lain di kawasan dan global,” kata Febrio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper